HMPS PGMI STAI Yogyakarta, Persembahkan PGMI EXPO #4 2024

(Wonosari, 20/01) – HMPS PGMI Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta menyelenggarakan acara PGMI EXPO#4 pada tanggal 20 Januari 2024 di Auditorium Gedung R. Soewardiyono, BA Kampus STAI Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Prodi PGMI STAI Yogyakarta kepada Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Gunungkidul dan sekaligus memberikan wadah menyalurkan bakat bagi siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam bidang agama, seni dan sekaligus mengeksplor, menggugah dan membangkitkan potensi diri siswa agar mampu berfikir positif, kreatif dan inovatif. Tema pada PGMI EXPO #4 yaitu “Wujudkan Generasi Emas Melalui Kreativitas Tanpa Batas”. Acara ini dipandu oleh Muhammad Alvin Rifai, S.Pd Ketua Ikatan Keluarga Alumni STAI Yogyakarta dan Oktaviani Nurhidayah Mahasiswa PGMI STAI Yogyakarta.

Saudari Noviati sebagai Ketua HMPS PGMI STAI Yogyakarta, dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada seluruh Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang sudah ikut berpartisipasi dalam acara PGMI EXPO#4, serta kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras demi terlaksananya acara ini. Tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut mensukseskan acara PGMI EXPO#4. Ucapan maaf disampaikan jika ada banyak kekurangan dalam acara ini yang tidak berkenan di hati para hadirin. Besar harapan dari panitia, agar acara ini dapat memberikan manfaat bagi siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Gunungkidul.

Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd sebagai Ketua STAI Yogyakarta, dalam sambutan mengapresiasi kepada mahasiswa Prodi PGMI STAI Yogyakarta yang telah mengadakan acara ini. Ucapan terima kasih terhadap seluruh Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang sudah ikut berpartisipasi, terkhusus terima kasih terhadap Bapak H. Sunaryanta Bupati Gunungkidul yang telah hadir dalam pembukaan PGMI EXPO #4. Untuk semua adik-adik siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) peserta lomba,  semangat dan tunjukkan anda adalah yang terhebat.

Supriyanta sebagai Kepala Bidang Pendidikan Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, menyampaikan apresiasi dan bangga kepada HMPS PGMI STAI Yogyakarta yang berhasil menyelenggarakan PGMI EXPO#4 2024 dengan acara pengadaan ajang kompetisi bagi anak-anak siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) sesuai kategori yang dilombakan. Sementara H. Sunaryanta selaku Bupati Gunungkidul, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah ajang kreatifitas dan keterampilan anak dalam merefleksikan dan mengimplementasikan pendidikan.

Turut hadir mendampingi Bupati Gunungkidul yaitu Edi Praptono – Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Nunuk Setyowati – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, serta Supartono – Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja.

Kegiatan PGMI EXPO #4 diikuti oleh 260 siswa dari 44 Madrasah Ibtidaiyah (MI)   se-Kabupaten Gunungkidul. Ada 6 cabang perlombaan yaitu Baca Puisi, MHQ, Macapat, Pidato Bahasa Iindonesia, Kaligrafi, dan Tari Kreasi Bentuk. Setiap cabang perlombaan, diambil Juara 1 – 3 dan Harapan 1 – 3.

Alhamdulillah kegiatan PGMI EXPO#4 berjalan dengan lancer dan dimeriahkan dengan penampilan dari perwakilan MI Al-Jauhar, MI Yappi Bansari dan masih banyak lagi. Siswa-Siswi MI se-Kabupaten Gunungkidul sangat antusias mengikuti perlombaan tersebut. Demikian juga dukungan dari guru pendamping dalam memberikan support pada para siswa. Agenda PGMI EXPO ini merupakan salah satu agenda yang dinanti-nantikan oleh seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Gunungkidul. Salah satu pesan dari Bapak Iwan selaku pendamping dari Madrasah menyampaikan “Acara sudah sangat bagus, dikarenakan acara ini sudah menjadi acara yang sangat bergengsi untuk jenjang MI. Harapan di tahun depan, jika terdapat acara seperti ini lagi semoga cabang lomba tidak banyak berubah agar dapat mempersiapkan dengan sebaik mungkin.