Up Grading dan Pembukaan Rapat Kerja STAI Yogyakarta

(Wonosari, 13/01) – Menjelang perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024, STAI Yogyakarta menyelenggarakan Up Grading danRapat Kerja Pimpinan dan Tenaga Kependidikan, guna mengevaluasi kinerja dan merumuskan program pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan yang ada di STAI Yogyakarta. Kegiatan diselenggarakan di ruang sidang semu Lt. 2 Gedung Gedung Drs. KH. Asyhari Marzuqi kampus STAI Yogyakarta, yang dihadiri oleh Ketua STAI Yogyakarta yaitu Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd., Wakil Ketua II yaitu  Suharto, Wakil Ketua III yaitu Hudan Mudaris, SEI., MSI, Ketua Senat STAI Yogyakarta yaitu Nurhidayatuloh, SEI., ME., Ketua LPM STAI Yogyakarta yaitu Umi Musyaropah, S.Hum., S.Pd.I, M.Ag., Ketua LPPM STAI Yogyakarta yaitu Dr. Ulin Nuha, S.Pd.I., M.Pd.I., dan Ketua Prodi PAI, PBA, PGMI, ES, serta Tenaga Kependidikan dan Admisi.

Up Grading dan Pembukaan Rapat Kerja STAI Yogyakarta, menghadirkan Ketua PWNU Yogyakarta yaitu  Dr. Drs. K.H. Ahmad Zuhdi Muhdlor, S.H., M. Hum dan Ketua Badan Pelaksana Penyelenggara (BPP) STAI Yogyakarta yaitu  Dr. KH. Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum, untuk memberikan materi terkait arahan dan masukan dari kebijakan Perkumpulan Nahdlatul Ulama di level nasional ataupun wilayah dan BPP STAI Yogyakarta.

Dalam Up Grading dan Pembukaan Rapat Kerja, Ketua STAI Yogyakarta Diyah Mintasih, memaparkan kinerja pada tahun 2023, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian rencana program kerja lembaga yang akan dilakukan pada tahun 2024. Dijelaskan bahwa STAI Yogyakarta telah membentuk Lembaga Admisi untuk system Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) mulai dari pendaftaran, registrasi hingga mahasiswa mendapatkan NIM. Selain itu, disampaikan akan melaunching Sistem Akademik (SIAKAD) pada awal tahun 2024, guna meningkatkan kualitas, kecepatan bekerja, dan mempermudah dalam mengakses data akademik.

Ketua BPP STAI Yogyakarta Ahmad Bahiej, dalam materi Up Grading memberikan apresiasi kepada STAI Yogyakarta terkait perkembangan pembangunan. Kemudian memberikan arahan terkait tata kelola, tentukan rencana ke depan untuk meningkatkan kualitas Pendidikan STAI Yogyakarta, serta harapan dalam 2-5 tahun ke depan STAI Yogyakarta “agar menambah 2 prodi lagi, setelah itu beralih status menjadi Institut, buat roadmap atau tahapan-tahapan program yang berkualitas.”

Selain itu, dipaparkan terkait peningkatan SDM Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa, Dosen yang sedang Studi S3 segera diselesaikan untuk mendapat gelar Doktoralnya, Dosen yang masih S2 segera untuk melanjutkan studi S3. Perlu pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi, kampus harus menyediakan dana untuk penelitian dosen, akreditasi dari Baik-Baik Sekali-Unggul, manfaatkan jaringan-jaringan untuk menjalin kerjasama baik dalam Negeri maupun Luar Negeri.

Sementara ketua PWNU Yogyakarta Ahmad Zuhdi Muhdlor, dalam materinya  juga menyampaikan kekagumannya melihat perkembangan dan kejelasan aset STAI Yogyakarta. Harapan STAI Yogyakarta bisa menjadi Universitas yang terkemuka di Gunungkidul, karena STAI Yogyakarta merupakan perguruan tinggi tertua di Gunungkidul. Untuk mencapai tujuan itu perlu meningkatkan SDM dan Managemen, karena “kebaikan atau kebenaran yang tidak terorganisir dengan baik akan terkalahkan oleh keburukan yang terorganisir” mengutip perkataan Sayyidina Ali Bin Abi Thalib.

Disampaikan pula bahwa Bupati / Pemerintah Gunungkidul meminta STAI Yogyakarta untuk menangani atau mengelola wisata halal di Gunungkidul. Selain itu, kampus menyampaikan melalui LPPM harus mempunyai Laboratorium Dakwah, dan Laboratorium Sosial guna untuk membekali mahasiswa KKN dapat memberikan pelatihan kemasjidan, TPA, dan lain sebagainya kepada masyarakat.

Terakhir disampaikan selamat melaksanakan Rapat Kerja untuk Semester Genap Tahun Akademik 2023 – 2024, semoga menghasilkan program kerja yang baik dan terarah, terukur dari sisi waktu, biaya, kriteria capaian, dan maslahah demi kemajuan kampus STAI Yogyakarta. Sebelum dilanjutkan Rapat Kerja, Up Grading dan Pembukaan diakhiri dengan penyerahan laporan tahun 2023 oleh Ketua STAI Yogyakarta kepada Ketua PWNU Yogyakarta dan kepada Ketua BPP STAI Yogyakarta.