Benchmarking Prodi Hukum Keluarga STAI Yogyakarta ke IAI Ngawi

(Ngawi, 13/01) – Program Studi Hukum keluarga Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) yang dipimpin oleh Kaprodi Ihyak, SHI., MHI bersama para Dosen Prodi Hukum Keluarga melakukan benchmarking kunjungan ke Institut Agama Islam (IAI) Ngawi yang beralamat di Jl. Ir. Soekarno No. 99, Beran, Pandansari, Jururejo, Ngawi, Jawa Timur, pada tanggal 13 Januari 2024. Benchmarking kunjungan diterima langsung oleh Rektor IAI Ngawi Dr. KH. Mustaqim, Dip.Is, M.Pd.Iyang didampingi Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III dan Dekan Fakultas Syariah dan para pimpinan di Kampus IAI Ngawi.

Ihyak dalam kunjungan mengenalkan sekilas profil STAI Yogyakarta yaitu merupakan perguruan tinggi keislaman yang secara kelembagaan berada dalam Badan Hukum Perkumpulan Nahdlatul Ulama (NU) dan dibentuk oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) D.I.Yogyakarta, pada tanggal 30 November 1971. Kampus STAI Yogyakarta, pertama berdiri dengan nama Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU) Yogyakarta (30 November 1971), kemudian tahun 1972 berubah nama menjadi Universitas Islam Yogyakarta (UIY) dan tahun 1988 berubah nama lagi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Yogyakarta (STITY) dan sejak tahun 2011 beralih status menjadi STAI Yogyakarta.

Disampaikanpula bahwa benchmarking kunjungan ke IAI Ngawi bertujuan yaitu pertama, menjalin silaturahim antara Prodi Hukum keluarga STAI Yogyakarta dengan Prodi Hukum Keluarga Islam IAI Ngawi, sebagai perguruan tinggi swasta yang sama-sama dalam lingkup LPTNU. Kedua, melakukan sharing bersama tentang strategi pengajaran dan pembelajaran, pengembangan kurikulum yang responsif, pola peningkatan profesionalitas dosen, aspek penelitian dan publikasi ilmiah. Ketiga, menjalin Kerjasama bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi antara Prodi Hukum keluarga STAI Yogyakarta dengan Prodi Hukum Keluarga Islam IAI Ngawi, dalam menggagas kolaborasi penelitian bersama dan/atau kegiatan bersama yang dilakukan antar perguruan tinggi demi mendukung program MBKM.

Selanjutnya Agus Suprianto menambahkan, kunjungan sekaligus sebagai sarana ajakan menyelenggarakan kegiatan bersama dalam menambah skill atau keterampilan mahasiswa dalam simulasi peradilan dan kemampuan dalam menerapkan hukum acara.

Gus Zein Zuhri sebagai Dekan Fakultas Syariah IAI Ngawi, menanggapi dengan senang atas tujuan dan maksud benchmarking kunjungan STAI Yogyakarta ke IAI Ngawi. Fakultas Syariah IAI Ngawi menyambut positif dan memang diperlukan gagasan dan kegiatan bersama dalam mendorong program MBKM. Kegiatan peradilan semu bagi mahasiswa dapat dilakukan dengan pelatihan dan simulasi persidangan dan ini sangat mendukung mata kuliah program studi hukum keluarga Islam. Peradilan semua juga menjadi kegiatan ekstrakulikuler dan wadah bagi mahasiswa untuk belajar mengenai praktik beracara pada proses alur persidangan.

Kegiatan benchmarking diakhiri dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum Of Understanding) sebagaimana dokumen No. : 07/S.Ker./IAI.Ngw./I/2024 dan  017/KS/STAIYO/I/2024 dan Surat Perjanjian Kerjasama Kemitraan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagaimana dokumen No. : 08/S.Ker./IAI.Ngw./I/2024 dan  018/KS/STAIYO/I/2024 yang ditandatangani oleh Dr. KH. Mustaqim, Dip.Is, M.Pd.I selaku Rektor Institut Agama Islam Ngawi (IAI Ngawi) dan Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta), hal ini diwakili Ihyak, SHI., MHI selaku Kaprodi Hukum Keluarga STAI Yogyakarta.

Mustaqim sebagai Rektor IAI Ngawi, menyampaikan rasa syukur dengan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama antara IAI Ngawi dan STAI Yogyakarta, semoga dapat memperkuat hubungan antar kelembagaan Para Pihak dan semoga menjadi pedoman implementasi Program Kerjasama Kemitraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam bidang yaitu : a). pendidikan dan pengajaran, b). penelitian, penulisan atau karya ilmiah, c). pengabdian kepada masyarakat, dan d). kegiatan penunjang lain. Serta semoga kegiatan bersama dapat segera terwujud dan IAI Ngawi dapat melakukan ke kunjungan serupa di STAI Yogyakarta ataupun perguruan tinggi lainnya di Yogyakarta. (KYR)