Harlah Ke-25, KORDAIS Selenggarakan Lomba Tingkat Nasional

Wonosari, (10/01/2024) – Dalam rangka memperingati hari lahir UKM KORDAIS (Korp Dakwah Islamiyyah) yang ke-25. UKM KORDAIS Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) mengadakan lomba da’i nasional pada hari Rabu, 10 Januari 2024 secara online melalui zoom meeting.

Isma Yasminawati Ketua Umum UKM KORDAIS dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pembimbing KORDAIS Bapak Khaerul Anwar, S.Pd., M.Pd yang telah membimbing dalam penyelenggaraa kegiatan lomba da’i nasional tahun 2023/2024 ini. Terima kasih juga kepada teman – teman panitia khusus Ketua Panitia lomba da’i nasional Syahril Ramadani yang telah mengkoordinasikan mulai persiapan hingga pelaksanaan kegiatan lomba da’i nasional.

Lomba da’i nasional merupakan program kerja UKM KORDAIS yang pertama kali diadakan. Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun KORDAIS yang Ke-25 yang lahir pada tanggal 1 Januari 1999. Lomba ini diikuti siswa SMA dan umum se-Indonesia dengan jumlah sebanyak 53 peserta.

Tujuan diadakan lomba ini sesuai dengan tema lomba “Revitalisasi Peran Pemuda dalam Syiar Islam Era Milenial” maksud dan tujuan yang tersirat dari tema ini adalah UKM KORDAIS berusaha di era milenial ini untuk mengembalikan semangat dakwah yang menjadi salah satu peran bagi para pemuda di tanah air. Di era milenial ini teknologi perkembangan zaman semakin maju dengan membawa pengaruh baik buruknya, melihat keadaan ini kami KORDAIS menginginkan supaya pemuda sebagai agent of change tidak kehilangan perannya untuk mengubah dan menggerakkan massa ke hal yang positif dengan memilih jalan berdakwahlah KORDAIS mengajak pemuda di tanah air untuk bekerja sama mengembalikan masa menuju ke jalan lurus dan benar.

Lomba ini berlangsung dari tanggal 1 November 2023 sampai 10 Januari 2024 dengan sistem perlombaan melalui kiriman video pada akun instagram @Kordais.id. Lomba ini diadakan secara online Zoom dikarenakan jarak antara peserta dengan tempat lomba.

Dengan Timeline Perlombaan yaitu : 1). Tanggal 1 November – 30 Desember adalah tahap Pendaftaran / Pengumpulan video; 2). Tanggal 31 Desember – 5 Januari adalah tahap Penilaian Karya; 3). Tanggal 6 Januari 2024 adalah tahap Pengumuman Grand Final; 4). Tanggal 8 Januari 2024 adalah tahap TM Grand Final; 5). Tanggal 10 Januari 2024 adalah tahap Final Online melalui zoom meeting.

Lomba Da’i Nasional  ini Dari lomba ini diambil 6 besar, dengan sistem penilaian pada babak penyisihan yaitu : 1). Penampilan (Kesesuaian antara isi dengan tema & gaya) nilai 40 %; 2). Vokal (Intonasi & Kefasihan) nilai 30 %; 3). Adab (Sikap & Pakaian) nilai 15 %; dan 4). Jumlah like & comment nilai 15 %.

Kemudian dari hasil penyisihan akan diambil 6 besar yang akan masuk pada babak final dengan sistem penilaian yang lebih tinggi yaitu : Penampilan (Kesesuaian antara isi dengan tema & gaya)nilai 40 %; 2). Vokal (Intonasi & Kefasihan) nilai 30 %; dan 3). Adab (Sikap & Pakaian)nilai 30 %.

Melalui live instagram pada akun @Kordais.id hari Rabu, 10 Januari 2024 jam 20.30 pengumuman kejuaraan diumumkan dengan hasil akhir yaitu Juara 1 diraih Hamzah Arif santri ponpes Manarul Huda Limbangan Garut Jawa Barat asal Bandung dengan skor 191, Juara 2 diraih Moh. Fathul Ikhsan mahasiswa UIMSYA Blokagung Banyuwangi asal Kalibaru Banyuwangi dengan skor 185, Juara 3 diraih Ade Adin Sahrudi mahasiswa STIABI Riyadul Ulum Tasikmalaya asal Tasikmalaya Jawa Barat dengan skor 184. Sementara Juara Harapan 1 diraih  Tika Amalia siswa MAN 2 Cilacap asal Cilacap dengan skor 182, Juara Harapan 2 diraih Nety Fitria Mas’udah santri ponpes sirojul Mukhlisin 2 Magelang asal Magelang dengan skor 171, dan Juara Harapan 3 diraih Dhea Cyntia Mahdavika Nurlaili mahasiswa UIN Walisongo Semarang asal Sragen dengan skor 166.

Adapun hadiah juara kelombaan lomba da’i nasional yaitu Juara 1 berupa Tropy + Sertifikat + Uang Pembinaan, Juara 2 berupa Tropy + Sertifikat + Uang Pembinaan, Juara 3   berupa Tropy + Sertifikat + Uang Pembinaan, Harapan 1 berupa Tropy + Sertifikat + Uang Pembinaan, Harapan 2 berupa Tropy + Sertifikat + Uang Pembinaan, dan Harapan 3 berupa Tropy + Sertifikat + Uang Pembinaan.

Kesan pesan dari beberapa peserta lomba da’i nasional ini adalah “keren, perjuangan dakwah memang tidak boleh berhenti, saya senang ikut berpartisipasi dalam acara kali ini. STAI Yogyakarta terbaik. KORDAIS JAYA” ucap salah satu peserta lomba.