STAI Yogyakarta dan Satgas GKMNU Selenggarakan Training Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelajar NU di Kapanewon Playen

Sebagai tindak lanjut ToT yang diselenggarakan STAI Yogyakarta melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan Gerakan Keluarga Maslahah NU Kabupaten Gunungkidul, pelatihan kewirausahaan berbasis digital diselenggarakan pada Kamis (4/1/2024) di Mts Al Ianah, Playen. Narasumber kegiatan ini adalah Dwi Nanda Elza Hadi dari unsur IPPNU. Kegiatan ini dihadiri 20 peserta pelajar NU di Kapanewon Playen.

Ketua PKM STAI Yogyakarta Hudan Mudaris, S.E.I, M.S.I mengapresiasi kader IPPNU yang bergerak untuk menularkan ilmu baru tentang kewirausahaan berbasis digital. Ia berharap bahwa kegiatan ini memberikan inspirasi pada pelajar NU untuk semakin kreatif dan adaptif.

Pada pelatihan ini, narasumber menyampaikan materi tentang membangun jiwa enterpreuner sejak dini, etika bisnis, memanfaatkan media sosial untuk berbisnis, dan motivasi berwirausaha sejak muda. Peserta mendapatkan materi mengenai perkembangan era digital, urgensi enterpreunerhip untuk pelajar NU, produk dan jasa usaha, aplikasi pembuatan wirausaha pelajar dalam dunia digital, dan langkah strategis membangun jaringan digital.

Pada akhir sesi, narasumber menegaskan bahwa urgensi mindset kewirausahaan bagi pelajar antara lain meningkatkan kreativitas, mempersiapkan masa depan, mengembangkan keterampilan, dan mengurangi ketergantungan.

Kegiatan yang diselenggarakan di MA Al I’anah Playen menjadi giat di hari pertama bulan Januari 2024.