Malam Do’a Bersama dan Tasyakuran Harlah Ke-52 Tahun STAI Yogyakarta

(Wonosari,30/11) – Dalam rangka memperingati hari lahir ke – 52 tahun, Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) menyelenggarakan “Malam Doa Bersama dan Tasyakuran” pada hari Kamis, 30 November 2023 di Auditorium Gedung KH. R. Soewardiyono, BA kampus STAI Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan peringatan hari lahir ke-52 tahun STAI Yogyakarta, diantaranya yaitu Rapat Kerja STAI Yogyakarta, Seminar Strategi Pengembangan Karir Dosen, Workshop Academic Writing ; Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi di Jurnal Internasional, Seminar Training Motivasi ; Remaja Yang berahklak di Era Digital, Pelatihan Digital Content Creation, Dialog dan Bedah Buku : “Dari Populisme ke Anarkhisme, Potret Gerakan Politik Mahasiswa Pasca Reformasi”, Seminar Literasi ; Melejitkan Potensi Diri dan Meraih Prestasi, Pelatihan Penyusunan RPS berbasis OBE, Bedah Borang Akreditasi Prodi PGMI, PKL-PPL Mahasiswa, Praktek Peradilan & Peradilan Semu, Kunjungan Kewirausahaan di PP Lintang Songo, Gebyar & Peringatan Hari Santri 22 Oktober 2023,  Seminar Research and Development, Nonton Bareng Film “Kejarlah Janji” bersama KPU Gunungkidul, HMPS PBA Bersholawat, Kunjungan PGMI ke Sekolah Tumbuh, Studi Banding Ke Brunai Darussalam, Webinar Internasional bersama Kampus ST. More College Universitas Saskatchewan Kanada, Seminar Nasional ; Urgensi Sertifikasi Kompetensi Bagi Lulusan Sarjana” bersama BNSP RI, Studi Banding Ke INISNU Temanggu, Pertandingan persahabatan Bola Volly, Sidang Senat STAI Yogyakarta, Penyerahan Nominasi STAIYO Award, dan Temu  Alumni STAI Yogyakarta. Kegiatan-kegiatan tersebut, telah berlangsung sejak September – November 2023. Sebagai puncak acara peringatan harlah ke-52 tahun, dilaksanakan “Malam Doa Bersama dan Tasyakuran” yang dipimpin langsung oleh Ketua STAI Yogyakarta Diyah Mintasih, S.Pd.I.,M.Pd.

Kegiatan malam doa bersama dan tasyakuran dihadiri oleh Pengurus Tanfidziyah PWNU DIY Dr. Arif Rahman, M.Pd, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Gunungkidul Drs KH Bardan Usman M.Pd.I, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Gunungkidul Drs. H. Sya’ban Nuroni, MA, Badan Pelaksana penyelenggara (BPP) STAI Yogyakarta Prof. Prof. Sukirno, M.Si., Ph.D., Ketua MWCNU se-kabupaten Gunungkidul, Bapak/Ibu dosen, Tenaga Pendidikan, Mahasiswa serta alumni STAI Yogyakarta.

Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd. sebagai ketua STAI Yogyakarta dalam sambutannya, mengucapkan syukur dan berterima kasih atas kehadiran para tamu undangan, sesepuh, alumni, dan mahasiswa yang telah hadir dalam puncak acara peringatan harlah ke-52 tahun. Permohonan doa dan harapan disampaikan untuk Tanfidziyah PWNU DIY Dr. Arif Rahman, M.Pd, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Gunungkidul Drs KH Bardan Usman M.Pd.I, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Gunungkidul Drs. H. Sya’ban Nuroni, MA, Badan Pelaksana penyelenggara (BPP) STAI Yogyakarta Prof. Prof. Sukirno, M.Si., Ph.D., Ketua MWCNU se-kabupaten Gunungkidul, Bapak/Ibu dosen, Tenaga Pendidikan, Mahasiswa serta alumni STAI Yogyakarta. kampus STAI Yogyakarta, semoga STAI yogyakarta mampu menggapai cita-cita. Permohonan maaf juga disampaikan, apabila ada hal-hal yang kurang dalam pelaksanaan acara.

Drs. H. Sa’ban Nuroni, MA selaku ketua PCNU Gunungkidul dalam sambutannya menyampaikan selamat harlah ke-52 tahun untuk STAI Yogyakarta. Semoga terus berkembang dan mengabdi untuk masyarakat Gunungkidul dan sekitarnya. Semoga PCNU Gunungkidul dapat selalu membersamai langkah-langkah menuju kemajuan kampus STAI Yogyakarta.

Sementara Drs. K.H. Bardan Usman M.Pd.I selaku Rois Syuriah PCNU Kabupaten Gunungkidul dalam mauidzah hasanahnya menyampaikan, pertama, sebagai seorang muslim harus memiliki keimanan yang kuat agar tidak terombang ambing pada perkembangan jaman saat ini. Jika memiliki keimanan yang kuat maka agamanya tidak akan tergoyah oleh apapun. Kedua, kewajiban menuntut ilmu adalah wajib bagi muslim dan muslimah. Hauslah terhadap ilmu dan pada saat ini ilmu banyak sekali ditemukan diberbagai aplikasi, tetapi yakinlah ilmu yang akan membawa barokah adalah ilmu yang musyafahah.

Selanjutnya, Muhammad Sidiq Satriayudha, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Panitia Pelaksana Harlah ke-52 tahun, menyampaikan terimakasih atas semua dukungan dari semua pihak yang telah membantu untuk acara ini, sehingga kegiatan berjalan dengan lancer dan tertib. Hal yang sama, Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan permohonan maaf selama proses acara harlah ini apabila ada banyak kurangnya. (Dwy)