Pendidikan Karakter ; Strategi Menghadapi Globalisasi

Oleh :
Ana Dwi Wahyuni, Benedictus Sudiyana, Atri Waldi

Pendidikan karakter menjadi pondasi utama dalam membentuk insan yang tangguh, berkarakter kuat, dan mampu menghadapi dinamika perubahan dengan bijak. Melalui buku ini, pembaca akan diajak untuk merenungi nilai-nilai luhur yang melekat dalam karakter manusia. Globalisasi, meskipun membawa berbagai kemajuan, juga menimbulkan dampak yang tidak terelakkan terhadap nilai-nilai lokal dan identitas budaya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memiliki strategi pendidikan karakter yang dapat membentuk anak-anak kita menjadi individu yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga memiliki moralitas yang kokoh dan nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi.

Penulis berharap, melalui pembacaan buku ini, kita dapat meraih wawasan lebih dalam mengenai perlunya pendidikan karakter sebagai tonggak utama dalam mempersiapkan generasi penerus. Dengan strategi yang terarah, diharapkan kita mampu menjaga kearifan lokal tanpa meninggalkan daya saing global. Semoga buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi para pendidik, orang tua, dan semua pihak yang peduli terhadap pembentukan karakter generasi masa depan.

Buku ini terdiri dari 7 Bab, yang berisi yaitu pendidikan karakter sebuah tinjauan historis, pendidikan karakter sebagai pedagogi, pendidikan karakter dalam perspektif global, urgensi pendidikan karakter, implementasi pendidikan karakter di sekolah dan tantangan dan inovasi pendidikan karakter.

*) Abstrak buku Ana Dwi Wahyuni, Benedictus Sudiyana, Atri Waldi, Pendidikan Karakter : Strategi Menghadapi Globalisasi, (Sukoharjo : Tahta Media Group, 2023), Cetakan I : November 2023, ISBN: 978-623-147-247-2. Editor : Uswatun Khasanah. Selengkapnya dapat dibaca di link : .