Benchmarking STAI Yogyakarta Ke INISNU Temanggung

(Wonosari, 09/12) – Sabtu, 09 Desember 2023 Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) mengadakan kunjungan ke Institut Islam Nahdlatul Ulama Kabupaten Temanggung (INISNU Temanggung) dalam rangka benchmarking Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Kegiatan benchmarking bertujuan untuk mempelajari berbagai strategi akademik, manajerial serta sistem pendukung lainnya dalam upaya mengembangkan perguruan tinggi. STAI Yogyakarta dan INISNU merupakan perguruan tinggi yang sama-sama berada dibawah naungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). 

Ketua STAI Yogyakarta Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan benchmarking ini menjadi langkah penting dalam mengevaluasi serta memperbaiki proses pembelajaran di STAI Yogyakarta. “Kami berharap dapat mengadopsi beberapa praktik terbaik dari INISNU Temanggung guna meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan kami,” ujarnya.

INISNU Temanggung memiliki 3 Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Fakultas Ekonomi Syariah, Hukum dan Ekonomi Islam (FSHEI) dan Pascasarjana (PPs). Kunjungan ini disambut hangat oleh Rois Syuriah PCNU Kabupaten Temanggung K.H. Yacub Mubarok, Rektor INISNU Temanggung Dr. Muh. Baehaqi, Ketua dewan Pengurus BPP INISNU Drs. H. Nur Makhsun serta seluruh Dekan dan Ketua Program Studi di INISNU Temanggung.

Dalam sambutannya, Ketua dewan pengurus BPP INISNU memaparkan tentang proses perubahan STAINU menjadi INISNU dan sekarang sedang memproses untuk menjadi Universitas. Proses perubahan ini tidak hanya dilakukan secara fisik saja, namun juga melakukan perubahan dalam bidang akademik, reorganisasi yayasan dan lainnya.

Pemaparan materi diawali oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang menyampaikan tentang ”Ketupat Keilmuan” ala INISNU yang menjadi landasan dalam pengembangan Catur Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Aswaja An Nahdliyah. Pemaparan selanjutnya adalah tentang sarana prasarana dan keuangan dan ditutup dengan pemaparan tentang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh Wakil Rektor Bidang Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama.

Setelah sesi pemaparan materi selesai, kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Beberapa pertanyaan diajukan dalam diskusi tersebut, salah satunya adalah tentang strategi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan INISNU. Kegiatan benchmarking diakhiri dengan menandatangani MoU dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi antara INISNU Temanggung dan STAI Yogyakarta. Kemudian Tour kampus untuk melihat sarana dan prasarana pendukung kegiatan di INISNU Temanggung. Mengamati secara langsung berbagai fasilitas, kurikulum, sistem evaluasi, serta program pengembangan kepribadian dan keilmuan yang telah terbukti berhasil di INISNU Temanggung.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan benchmarking ini STAI Yogyakarta dan INISNU Temanggung akan mengadakan kolaborasi dan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (Rnh)