Pembekalan Skill Operasional Mendeley Bagi Mahasiswa

(Wonosari, 05/12) – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) menyelenggarakan Kuliah Umum berupa Pelatihan Operasional Mendeley secara online melalui Zoom Meeting pada hari Selasa, 05 Desember 2023. Pelatihan menghadirkan Narasumber Bapak Imam Syafi’i, M.Pd, Pengurus Jurnal JIP dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Bertindak sebagai Keynote Speech Bapak Dr. Mustolikh Khabibul Umam, S.Pd.I., M.Pd.I selaku Kaprodi PBA dan moderator Ibu Agustini, S.Pd., M.Pd Dosen Prodi PBA.

Mustolikh Khabibul Umam sebagai Keynote Speech menyampaikan terima kasih kepada narasumber Bapak Imam Syafi’i, M.Pd yang telah berkenan untuk memberikan materi dan berbagi pengalaman tentang skill Mendeley ini.Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan skill mahasiswa dalam rangksa penulisan skripsi atau karya ilmiah lainnya. Seperti diketahui bersama bahwa penulisan karya ilmiah adalah keharusan yang dilaksanakan dalam dunia perguruan tinggi. Dalam hal karya ilmiah, mengharuskan mahasiswa ataupun dosen untuk dapat mengoptimalkan sumber referensi yang bervariasi untuk karya ilmiah. Aplikasi Mendeley adalah aplikasi yang mempermudah para penulis karya ilmiah untuk saat membuat sitase dan daftar pustaka. Alhamdulillah kegiatan ini disambut dengan antusias dan diikuti oleh para dosen dan mahasiswa PBA, bahkan beberapa dosen dan mahasiswa dari Prodi lain yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Hukum Keluarga (HK) dan Ekonomi Syariah (ES).

Pelatihan Mendeley dipandu oleh Agustini selaku moderator. Sebelum menyerahkan kepada narasumber Imam Syafi’i untuk memaparkan materi, terlebih dahulu disampaikan profil singkat tentang narasumber yang merupakan pengelola jurnal JIP dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Beliau telah banyak pengalaman tentang teknik dan skill Mendeley dalam penulisan karya ilmiah, sehingga pelatihan kali ini telah tepat dan tidak akan rugi dengan menghadirkannya sebagai narasumber. Silahkan peserta nanti bertanya sebanyak-banyak tentang Mendeley atau ilmu seputar karya ilmiah kepada ahlinya ini. Selanjutnya moderator mempersilahkan kepada Imam Syafii untuk mempresentasikan materinya.

Imam Syafi’i sebagai narasumber, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari Prodi PBA STAI Yogyakarta yang telah mengundang dan memberikan kepercayaan untuk berbagi ilmu dan sharing pengalaman seputar Mendeley kepada mahasiwa dan dosen. Dalam paparan materinya, disampaikan bahwa Mendeley merupakan salah satu aplikasi wajib untuk mahasiswa, khususnya untuk mahasiswa yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal, ataupun skripsi dan tesis. Jadi, Mendeley adalah aplikasi yang membantu kamu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan menggunakan Mendeley penulis akan dimudahkan saat membuat sitase dan daftar pustaka, penulis tidak perlu lagi membuat secara manual yang ribet dan sulit. Penulis bisa mendapatkan Mendeley saat ini yang tersedia dalam 2 versi, yaitu Desktop Edition dan Institutional Edition. Mendeley Desktop Edition adalah perangkat lunak “citation & reference manager” yang bisa didapatkan secara gratis dan sangat kompatibel dengan program pengolahan kata MS Word (2003, 200, 2010), Mac Word (2008, 2011), Open Office/Libre Office (3.2), dan Bib Tex. 

Usai paparan materi dilanjutkan sessi tanya jawab dari peserta. Salah satu peserta mengajukan pertanyaan, Bagaimana cara kerja Mendeley? Imam Syafi’i menjelaskan  “Mendeley akan bekerja secara otomatis membuat kutipan referensi / daftar pustaka apabila kamu sudah membuat library atau perpustakaan di Mendeley. Perpustakaan inilah yang akan membantu penulis dalam membuat catatan kaki / bodynote secara otomatis.”

Setelah sessi tanya jawab berakhir, moderator menyampaikan terima kasih kepada narasumber Bapak Imam Syafii atas materinya dan semoga materinya bermanfaat bagi kalangan akademisi di STAI Yogyakarta, khususnya bagi mahasiswa yang akan menulis skripsi tugas akhir. Kemudian yang ingin tahu Cara Download Mendeley di Laptopbisa menggunakan panduan ini. Selanjutnya sebelum acara ditutup, mari foto bersama dan mohon semua peserta atau mahasiswa untuk on camera. (Agt)