STAI Yogyakarta Ikuti Bimtek Penerima Bantuan Penguatan Digitalisasi PTKIS

(Jakarta, 4-6/12) – Pada hari Senin-Rabu, 4-6 Desember 2023, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kementerian Agama RI mengundang 80 PTKIS dari seluruh Indonesia untuk mengikuti Bimbingan Teknis dalam rangka Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS). STAI Yogyakarta mendelegasikan Suharto, S.Ag., MM selaku Ketua Penanggungjawab Bantuan Digitalisasi dan sekaligus sebagai Wakil Ketua II bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan. Acara yang dilaksanakan di Hotel Luminor Jl. Pecenongan No. 35 Kecamatan Gambir Jakarta.

Kegiatan secara resmi dimulai jam 19.30 dan dibuka langsung oleh Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag selaku Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa bantuan digitalisasi merupakan upaya Kementerian Agama RI dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di PTKIS. Oleh karenanya bantuan harus tepat sasaran dan tidak boleh ada penyimpangan dalam pemanfaatannya. Bantuan harus benar-benar dimanfaatkan untuk menunjang kinerja kampus dalam meningkatkan kualitasnya. Di lapangan tidak boleh ada pungutan apapun atas nama bantuan ini, jika ada penyimpangan PTKIS penerima bantuan harap melaporkan kepadanya atau melalui mekanisme ketentuan yang berlaku. Disampaikan bahwa peningkatan kualitas PTKIS adalah tanggung jawab yang harus dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT, oleh karenanya PTKIS harus selalu berbenah dan melahirkan SDM yang bisa bersaing dengan baik dimasa depan.

Materi Bimbingan Teknis tentang Penggunaan Barang Bantuan dipandu langsung oleh Tim IT Bantuan. Sementara agenda evaluasi  – tindaklanjut dipandu langsung oleh Nur Shoib, SH., MH selaku Kasubdit Sarpras & Kemahasiswaan. Disampaikan bahwa Bantuan Penguatan Digitalisasi PTKIS Tahun Anggaran 2023 merupakan kategori bantuan pemerintah yang disalurkan dalam bentuk barang untuk mendukung pelaksanaan smart classroom dalam pembelajaran. Smart classroom merupakan konsep pembelajaran yang memadukan antara penggunaan berbagai perangkat teknologi dan sistem informasi yang saling terintegrasi antara visual, audio dan kinestetik secara digital untuk meningkatkan proses dan interaksi pembelajaran antara dosen dan mahasiswa.

Suharto sebagai Ketua Penanggungjawab Bantuan, menjelaskan bahwa teknologi informasi dan smart classroom diharapkan menjadikan proses pembelajaran di STAI Yogyakarta lebih mudah, flexibel dan efisien karena dibantu perangkat modern, interactive dan mudah pengoperasiannya. Bantuan penguatan digitalisasi bagi STAI Yogyakarta, akan berdampak yaitu : pertama, pengelolaan administrasi kelas dan perkuliahan secara lebih mudah, praktis, cepat, mudah didistribuskan, dan mudah dalam melakukan evaluasi dan monitoring. Kedua, sarana kemudahan media komunikasi dan sosialisasi kampus, karena terkoneksi dengan website dan sosial media kampus. Ketiga, kemudahan akses materi dan sumber ajar seperti silabus, e-book, e-modul, video pembelajaran dan lainnya, karena bisa dilakukan dari manapun dan kapanpun selama terhubung dengan server dan jaringan internet. Serta menghemat pemakaian kertas (paperless). Keempat, dukungan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Agama RI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kelima, kegiatan perkuliahan dan kegiatan kampus menjadi lancar dan berkualitas, baik bidang bidang akademik dan non akademik.

Terpisah, Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd sebagai Ketua STAI Yogyakarta menyampaikan bersyukur atas Keputusan Pejabat Komitmen Direktorat PTKIS Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI No. 6362 Tahun 2023 tertanggal 16 November 2023, yang menetapkan Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta dengan Statistik No. 143340303007 sebagai Penerima Penguatan Digitalisasi PTKIS Tahun Anggaran 2023. Sudah lama STAI Yogyakarta berangan-angan dan bermimpi untuk memiliki perangkat digital yang mendukung pembelajaran dan alhamdulillah Allah mengabulkan do’a ini. Semoga dengan perangkat ini, meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa dan menjadikan lulusan STAI Yogyakarta sebagai Sumber Daya yang unggul dan memiliki daya saing di semua sektor. (SHR)