Alumni Mahasiswa STAI Yogyakarta, Terpilih menjadi Juara I Duta Baca Gunungkidul

Wonosari (31/10) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSSIP) Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) pada tahun 2022 ini pertama kalinya melaksanakan even Pemilihan Duta Baca Kabupaten Gunungkidul dengan tujuan mendukung peningkatan minat baca masyarakat dan mencari figur role model dalam pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Gunungkidul.

Duta baca terpilih nantinya memiliki tugas utama dalam meningkatkan minta baca, dan kegemaran membaca masyarakat, serta sebagai inspirator, motivator, dan pengungkit gerakan pembudayaan kegemaran di seluruh wilayah kabupaten Gunungkidul.

Isnu Hidayat dalam meraih Juara I – Duta Baca Gunungkidul 2022, yang merupakan Guru Bahasa Arab MAN 01 Gunungkidul dan alumni Prodi PBA STAI Yogyakarta harus melalui proses seleksi yang sangat ketat.

Dalam tahapan presentasi, Isnu Hidayat memaparkan beberapa hal di hadapan Dewan juri, yaitu pengalamannya dalam menjadi Juara lomba essai nasional nasional, karya-karya buku yang telah terbit, kompetensinya dalam bidang penulisan buku Non-Fiksi, pengalaman saat menjadi narasumber dalam kegiatan literasi, serta kegiatan-kegiatan literasi yang pernah diprakarsainya.

Setelah mempresentasikan pengalamannya, Isnu diberi beberapa pertanyaan diantaranya tentang sejauh mana sebenarnya minat baca masyarakat gunungkidul saat ini serta strategi maupun program apa saja yang akan dilakukan apabila terpilih menjadi duta baca Gunungkidul.

Tri Darmini dari Prodi HKI STAI Yogyakarta terpilih sebagai Juara III Duta Baca Gunungkidul.

Ada 3 tahapan seleksi yang harus dilalui yaitu seleksi berkas, presentasi, dan wawancara. Harus bersaing dengan peserta lainnya yang memiliki banyak pengalaman dalam kegiatan minat baca maupun literasi.

Setelah melalui ketiga tahapan tersebut, dari 21 peserta menjadi lima nominator Duta Baca Gunungkidul yang akhirnya ditetapkan Isnu Hidayat menjadi juara pertama Duta Baca Kabupaten Gunungkidul tahun 2022. Dengan hasil ini Isnu Hidayat berkomitmen untuk berupaya maksimal dalam membumikan minat baca dan literasi di kabupaten Gunungkidul melalui program-program yang akan dirumuskan bersama dengan melibatkan berbagai lembaga terkait.

Terpisah Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd Ketua STAI Yogyakarta, saat dikonfirmasi redaksi website kampus membenarkan telah mengetahui pengumuman dari group-group Whatsapp. Dijelaskan kampus merasa bersyukur dan menyampaikan selamat kepada Sdr. Isnu Hidayat, S.Pd., M.Pd sebagai alumni Prodi PBA STAI Yogyakarta dan Guru Bahasa Arab di MAN 01 Gunungkidul yang telah terpilih sebagai Juara I Duta Baca Gunungkidul. Selain Isnu, kami juga bersyukur bahwa salah satu mahasiswa kami yaitu Tri Darmini dari Prodi HKI STAI Yogyakarta terpilih sebagai Juara III Duta Baca Gunungkidul. Semoga prestasi ini dapat memicu semangat dan membawa barokah bagi almamater, mahasiswa, alumni dan keluarga STAI Yogyakarta.