Strategi Menyusun Pembelajaran Yang Efektif dan Menyenangkan

Kasihan-Bantul (21/10/2022), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Alma Ata Yogyakarta menggandeng Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta), Universitas Islam Malang, dan UIN Abdurahman Wahid Pekalongan melaksanakan kegiatan Webinar Pendidikan Nasional Ke-2 dengan tema “Strategi Menyusun Pembelajaran Yang Efektif dan Menyenangkan” pada hari Juma’at 21 Oktober 2022. Forum Webinar dilaksanakan melalui Zoom Meeting dengan Keynote Speech Dr. Kana Safrina Rouzi, M.Si. selaku Kaprodi PGMI Universitas Alma Ata dan menghadirkan tiga narasumber yaitu Dr. Moh. Afifullah, M.Pd sebagai Dosen Universitas Islam Malang, Diyah Mintasih, S. Pd.I, M.Pd sebagai Ketua STAI Yogyakarta, dan Aan Fadia Annur, M.Pd Dosen UIN Abdurahman Wahid Pekalongan.

Moh. Afifullah dalam presentasi materinya menyampaikan berbagai strategi pembelajaran yang dilakukan dalam proses pembelajaran melalui strategi pembelajaran terdiri dari strategi pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengelolaan. Dalam hasil belajar akan menghasilkan keefektifan, daya Tarik dan efisien. Perlu adanya taksonomi variable pembelajaran untuk bisa mencapai pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Sementara Diyah Mintasih dalam presentasi materinya memaparkan tentang strategi belajar mengajar dalam implementasi merdeka belajar. Menyampaikan perubahan dalam paradigma Pendidikan untuk pendidik dalam proses belajar mengajar. Cara dan tips adalah (1) menemukan hal baru yang Bersama, (2). Buat siswa penasaran, (3) Tunjukkan kepedulian kepada siswa, (4) Libatkan siswa dalam Projek, (5) Hindari kebiasaan Menonton, (6) Review pembelajaran tetapi tidak perlu mengulang materi, (7) ganti pembelajaran dengan percakapan, (8) Coba bertukar peran, (9) Pahami tugas tugas siswa, (10) buatlah suasana kelas yang berbeda dengan menyenangkan. Hal ini memotivasi belajar siswa untuk bisa tetap belajar.

Kemudian AAN FAdia Annur dalam presentasi materinya menyampaikan Pembelajaran yang tepat untuk SD adalah penerapan STEAM. Yang diawali dari pembelajaran dengan proses pemberian pengalaman dan data base pengetahuan siswa, tujuan dalam membantu tercapainya tujuan pembelajaran dan Standar kompetensi lulusan tercapainya Tujuan Pendidikan Nasional. Ada 4 hal yang terpenting kemampuan yang perlu dipersiapkan di abad 21 mendatang antara lain kreativitas, kemampuan dan ketrampilan, kolaborasi dan komunikasi untuk proses pembelajaran. Hal ini cara menyennagkan sebagai sebuah pendekatan yang memadukan lima disiplin ilmu secara harmonis untuk melengkapi dan sebagai dasar memadukan siswa dalam inqiry, dialog dan pemikiran kritis.