HMPS PAI STAI Yogyakarta, Gelar Workshop Literasi Berbasis Digital

Wonosari (3/10) Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMPS PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) menggelar Workshop Literasi Digital di Aula Lt. 2 Gedung Drs. KH. Mardiyo, M.Si Kampus STAI Yogyakarta, pada hari Senin, 3 Oktober 2022.  Acara diikuti seluruh mahasiswa PAI, mulai semester satu hingga tujuh. Acara ini sekaligus media pengenalan Prodi PAI bagi mahasiswa baru.

Dalam sambutannya, Kepala Program Studi Pendidikan Agama Islam, Ana Dwi Wahyuni S.Pd.I., M.Pd.I, mengapresiasi dan bangga atas terlaksananya kegiatan yang dilaksanakan HMPS PAI. “Setelah adanya kegiatan kepenulisan ini, semoga ada salah satu karya mahasiswa yang dimuat di media” harap Ana. Kali ini telah hadir Bapak Anton Prasetyo, M. Sos selaku penulis yang terkenal, “silakan teman-teman bertanya dan belajar dari sosok beliau”.

Kolumnis media massa sekaligus Pemred nugeka.com, Anton Prasetyo M Sos, menyampaikan cara menulis artikel popular dan opini yang layak dimuat media massa online dan cetak. Anton mengawali penjelasan dengan memberikan motivasi menulis kepada para mahasiswa. Ia memaparkan bahwa banyak manfaat dari menulis. “Manfaat menulis antara lain adalah sebagai media pembelajaran, memperdalam pengetahuan, hingga mendapatkan ‘beasiswa’. Mendapat ‘beasiswa’ lantaran menulis akan mendatangkan honorarium dari media,” jelas Anton.

Menulis di media online adalah menulis yang tersaji secara online di internet, mulai dari situs webblog, media sosial, hingga aplikasi pesan seperti WhatsApp. Karakteristik media online antara lain : berkapasitas luas nyaris tanpa batas, publikasi konten bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja selama ada koneksi internet, jadwal terbit (tayang, publikasi) juga bisa kapan saja, menjangkau seluruh dunia. Karakteristik media online lainnya adalah dapat diakses atau dibaca melalui layar gadget seperti di komputer, laptop, tablet, handphone, dan smartphone.

Langkah-langkah pra menulis, menurut Anton, antara lain adalah mencari ide, menetapkan topik, menetapkan judul, membuat peta konsep (main mapping), membuat kerangka tulisan, hingga mencari referensi. Langkah selanjutnya adalah menulis dan merevisi.

Sementara tips menulis di media online yaitu judul yang bagus/menarik, alinea pendek / tidak terlalu panjang, memanfaatkan multimedia dengan menyisipkan foto atau video, dan perhatikan tampilan berita yaitu susunan kata atau alur berita yang ditulis.

Di akhir materi, Anton berbagi pengalaman sehingga tulisan artikel bisa dimuat di media massa. Ia menjelaskan bahwa selain tulisan harus baik dan sesuai dengan ketentuan media, penulis harus tahu karakter media yang akan dikirimi tulisan. Tema dan gaya tulisan bisa saja tidak cocok di satu media, namun cocok di media yang lain.

Acara workshop literasi digital ini, sekaligus untuk memeriahkan dan menjadi rangkaian kegiatan menyongsong Hari Ulang Tahun STAI Yogyakarta ke-51 yang jatuh pada tanggal 30 November 2022. Kegiatan peringatan Harlah STAI Yogyakarta, telah dimulai sejak bulan September yang lalu dan puncak kegiatan di tanggal 30 November 2022.  Ujar Pradnya, Panitia Workshop / Harlah ke-51 tahun.