STAI Yogyakarta Outbound, Demi Peningkatan Kesolidan SDM Kampus

(Kaliurang, 23/07) – Pergantian Tahun Akademik 2021/2022 ke Tahun Akademik 2022/2023, dimanfaatkan kampus STAI Yogyakarta untuk melakukan Outbound bagi pimpinan dan dosen, pada tanggal  23 Juli 2022 di lokasi Museum Merapi, tepatnya di pelataran Omah Jawi Jl. Boyong Kaliurang Hargobinangun Pakem Sleman D.I. Yogyakarta.

Outbound menghadirkan trainer Kak Didik dari Tepi Langit Yogyakarta. Outbound adalah salah satu metode pembelajaran melalui experiental learning. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan team buiding kampus STAI Yogyakarta yang solid, militan dan saling sinergi dalam sebuah kepemimpinan organisasi. Kak Didik sebagai trainer mengajak peserta outbound dengan aplikasi game-game yang ringan, setiap game dalam kegiatan outbound mengandung makna yang dalam, filosofis, dan sarat akan pesan-pesan simbolik yang bermanfaat serta membangun karakter ke arah kesuksesan dalam kehidupan, baik kesuksesan di tingkat individu maupun kesuksesan tim/kelompok.

Hudan Mudaris, SEI., MSI selaku Pembantu Ketua III menyampaikan, sengaja melaksanakan outbound ini untuk meningkatkan dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi, dan menimbulkan adanya saling pengertian, sehingga terciptanya saling percaya antar sesama. Outbound sendiri mengedepankan kegiatan permainan yang mampu menumbuhkan motivasi pada diri kita semua sebagai peserta. Manfaat kegiatan outbound ini adalah tidak semata-mata refreshing dari kesibukan akademik di kampus dengan hiburan yang menyenangkan (fun games), tetapi menciptakan suasana komunikasi efektif (effective communication),pengembangan tim (team building)yang solid dan militan,melatih teknik pemecahan masalah (problem solving), menumbuhkan kepercayaan diri(self confidence)bagi SDM kampus STAI Yogyakarta, membangkitkan jiwa kepemimpinan (leadership), melatihkerja sama (sinergi), meningkatkan konsentrasi / fokus (concentration), dan melatihkejujuran / sportivitas.

Ana Dwi Wahyuni, salah satu dosen yang mengikuti outbound merasakan senang dan bisa fresh, dengan permainan-permainan game yang dipandu oleh trainer Kak Didik. Game permainan, tidak sekedar menumbuhkan keceriaan, tetapi bila digali dari nilai-nilai kepemimpinan dan keorganisasian, akan tercermin pelajaran kerjasama tim, tumbuhnya rasa percaya diri, cara menyelesaikan masalah dan teknik mengurai dan perenungan sebuah pengalaman, pembentukan dan pengujuan suatu konsep. Kedepan kegiatan seperti ini, bisa melibatkan seluruh dosen dan tenaga kependidikan, sehingga mampu meningkatkan daya semangat, motivasi dan team building kampus STAI Yogyakarta yang makin kokoh, solid dan militansi.