Menata Langkah, STAI Yogyakarta Melaksanakan Rapat Koordinasi

(Kaliurang, 22-23/07) – Menjelang awal Tahun Akademik 2022/2023, Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) melaksanakan Rapat Koordinasi pada hari Jum’at-Sabtu, 22-23 Juli 2022 di Omah Jawi Jl. Boyong Kaliurang Hargobinangun Pakem Sleman D.I. Yogyakarta. Rapat Koordinasi melibatkan seluruh pimpinan kampus yaitu Ketua Senat, Ketua STAI Yogyakarta, Pembantu Ketua I, Pembantu Ketua II, Pembantu Ketua III, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Ketua Laboratorium dan Perpustakaan, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Ketua Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) / Ahwal Syakhsiyyah (AS), Ketua Program Studi Ekonomi Syariah (ES).

Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua STAI Yogyakarta dalam sambutan pembukaan menyampaikan kegiatan Rapat Koordinasi kali ini terasa istimewa, karena dalam acara pembukaan langsung dihadiri Perwakilan dari PWNU D.I.Yogyakarta yaitu Dr. Drs. K.H. Ahmad Arifi, M.Ag  yang mewakili Ketua Tanfidziyah PWNU D.I.Yogyakarta yaitu Dr. Drs. K.H. Zuhdi Muhdlor, SH., M.Hum dan Dr. Sigit Purnama, M.Pd selaku Sekretaris Badan Pengelola Harian (BPH) STAI Yogyakarta. Adapun Dr. K.H. Ahmad Bahiej, SH., M.Hum selaku Ketua Badan Pengelola Harian (BPH) STAI Yogyakarta, akan hadir saat sesi terakhir dan acara penutupan. Rapat Koordinasi kali ini dilaksanakan di luar kampus, agar lebih fokus dan menghasilkan kualitas serta menjadi sarana melakukan refresh atas kesibukan akademik di dalam lingkungan kampus. Tujuan kegiatan kali ini adalah : pertama, melakukan evaluasi atas pengajaran, pelayanan akademik, capaian prestasi mahasiswa dan dosen, dan agenda masing-masing program studi dan lembaga dalam satu tahun akademik 2021/2022. Kedua, melakukan perencanaan bidang pengajaran, pelayanan akademik, peningkatan mutu perguruan tinggi, tupoksi masing-masing struktur/jabatan, dan agenda masing-masing program studi dan lembaga dalam tahun akademik 2022/2023.

Dr. Sigit Purnama, M.Pd selaku Sekretaris BPH STAI Yogyakarta, dalam sambutan menyampaikan terima kasih atas undangan dalam Rapat Koordinasi ini, apalagi ini merupakan moment pertama ketemu secara langsung luring setelah pandemi. Tugas BPH STAI Yogyakarta adalah membantu dan memfasilitasi STAI Yogyakarta dalam melakukan pengelolaan perguruan tinggi dan sekaligus menjembatani dengan PWNU D.I.Yogyakarta. Melihat kondisi dan kebijakan Covid-19, mungkin tahun baru di tahun akademik 2022/2023, STAI Yogyakarta sudah bisa menerapkan sistem pembelajaran luring kembali di kampus. Kemudian silahkan input mahasiswa sebanyak mungkin dan usaha PMB lebih progresif, termasuk jaring karyawan-pegawai-guru yang belum S-1, jika mahasiswa banyak tentu akan meningkatkan gairah dan semangat bagi kemajuan kampus. Silahkan berkoordinasi dengan PCNU, Pergunu, Muslimat dan organ lain NU, demi meningkatkan kemajuan kampus. Terkait akreditasi memang bikin pusing, ini sudah menjadi pengalaman setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Namun STAI Yogyakarta, akreditasi harus ditingkatkan dari Baik menjadi Baik Sekali, nanti jika Baik Sekali menjadi Unggul.

Dr. Drs. K.H. Ahmad Arifi, M.Ag mewakili Ketua Tanfidziyah PWNU D.I.Yogyakarta menyampaikan keterkaitan program PWNU untuk perguruan tinggi di D.I.Yogyakarta, dengan kelembagaan LPTNU D.I.Yogyakarta yang mengkoordinasikan 7 perguruan tinggi yaitu STAI Yogyakarta, UNU Yogyakarta, IIQ An-Nur, STAI Pandanaran, STEBI Al-Muhsin, Universitas Alma Ata dan STIE Widya Wiwaha. Memang tanggung jawab mengurus perguruan tinggi lebih sulit daripada melahirkan perguruan tinggi. Pesannya silahkan melakukan Rapat Koordinasi yang serius, agar dapat membuat program yang berkualitas, program kampus harus berorientasi pada visi dan misi STAI Yogyakarta, dengan visi ciri unggul kampus harus mampu menjadi perguruan tinggi yang mutu dalam segala aspek dan mampu menjabarkan keunggulannya. Keunggulan harus diprioritaskan untuk peningkatan mutu mahasiswa, mutu dosen dan tenaga kependidikan, SDM yang berkualitas dan berkuantitas jumlah, peningkatan pemasukan dana keuangan kampus dan perluas jaringan kemitraan.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan Rapat Roordinasi dan menghasilkan yaitu prioritas program untuk masing-masing program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Hukum Keluarga Islam (HKI) / Ahwal Syakhsiyyah (AS) dan Ekonomi Syariah (ES). Serta program prioritas Lembaga Penjamin Mutu (LPM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Laboratorium / Perpustakaan, dan prioritas kerja dari Ketua dan Pembantu Ketua STAI Yogyakarta. Selain itu, didorong capaian akreditasi program studi Ekonomi Syariah dan peningkatan akreditasi empat prodi lainnya, mahasiswa didorong untuk aktif sebagai peserta di forum seminar / workshop / webinar, Dosen didorong meningkatkan kompetensi, aktif dalam penulisan karya ilmiah dan program pengabdian masyarakat, memfasilitasi kenaikan jabatan fungsional dosen, menyusun etika dan tata tertib mahasiswa/dosen, mensikapi keluhan mahasiswa tentang metode pengajaran dosen tertentu,  menyusun kalender akademik 2022/2023, menjaring kemitraan dengan berbagai pihak sesuai dengan kompetensi prodi dan relevansi perguruan tinggi, segera menentukan jadwal wisuda, menjadwalkan munaqsyah setiap semester, melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), merespon kombinasi PPL dan KKN, dan meningkatkan fasilitas dan SDM laboratorium dan perpustakaan.

Diakhir Rapat Koordinasi, acara ditutup oleh Dr. K.H. Ahmad Bahiej, SH., M.Hum selaku Ketua Badan Pengelola Harian (BPH) STAI Yogyakarta, sekaligus penyerahan laporan rekomendasi hasil rapat koordinasi dan pelaporan keuangan kampus dari Ketua STAI Yogyakarta kepada Ketua BPH STAI Yogyakarta. Ahmad Bahiej dalam sambutan sebagai Ketua BPH STAI Yogyakarta, akan selalu membersamai dan memfasilitasi kampus dalam mencapai tujuan yang bermutu dan unggul. Silahkan lakukan lompatan kerja yang spektakuler dan out of the box  / keluar dari kebiasaan yang lama. BPH akan selalu mensupport langkah-langkah kampus dan selalu mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan kepada Nahdlatul Ulama baik di PBNU, PWNU, PCNU dan MCWNU. Harapan secara kelembagaan, STAI Yogyakarta mencapai titik kesuksesan yang gemilang.

Suharto, S.Ag., MM sebagai bagian pimpinan STAI Yogyakarta menyampaikan senang atas kegiatan Rapat Koordinasi kali ini. Mari kita lakukan hal-hal yang telah direkomenasikan dari rapat dua hari ini.