YUDISIUM DAN PENGHARGAAN PRESTASI TERBAIK MAHASISWA STAI YOGYAKARTA

Wonosari (11/06) – Hari Sabtu, 11 Juni 2022, Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) melaksanakan agenda “Yudisium Calon Wisudawan – Wisudawati”. Acara Yudisium diikuti sebanyak 57 peserta dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Hukum Keluarga Islam (HKI) / Ahwal Syakhsiyyah (AS).

Acara Yudisium merupakan tahapan yang dilakukan Perguruan Tinggi STAI Yogyakarta untuk mengukuhkan mahasiswa yang dinyatakan lulus sebagai sarjana, setelah menyelesaikan seluruh total mata kuliah dan beban SKS yang dipelajari selama perkuliahan. Sebelum Yudisium, mahasiswa telah selesai mengerjakan tugas akhir dan menempuh ujian munaqosyah (skripsi) yang dilaksanakan mulai bulan Maret s.d Mei 2022. Keputusan kelulusan Yudisium tertuang dalam Surat Keputusan Ketua STAI Yogyakarta No. 161 Tahun 2022 tentang Yudisium Program Studi PAI, PBA, PGMI dan HKI Tahun Akademik 2021/2022, yang dibacakan oleh Pembantu Ketua I Agus Suprianto, SH., SHI., MSI.

Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua STAI Yogyakarta, dalam sambutan acara Yudisium menyampaikan syukur dan selamat atas kesuksesan para peserta Yudisium yang telah menyelesaikan tahapan perkuliahan dan meraih titik kesuksesan sebagai Sarjana Pendidikan (S.Pd) atau Sarjana Hukum (SH). Kelulusan anda bukan tahap akhir, tetapi tahap awal untuk melanjutkan cita-cita, silahkan anda berkarya di masyarakat, bekerja di Instansi Formal, Instansi Swasta, menjadi Guru di Sekolah, menjadi hakim, profesional advokat – konsultan hukum atau melanjutkan jenjang kuliah studi S-2 untuk menggapai cita-cita yang lebih tinggi lagi.

Dalam acara ini, nanti  juga akan diberikan pembekalan kepada anda dengan tema “Prospek Alumni STAI Yogyakarta ; Dunia Kerja Formal dan Profesional di Era Digital”. Pembekalan dengan menghadirkan narasumber yaitu Ibu Reni Hidayati, S.Ag., SH., MH.I (Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosari) yang akan menyampaikan : “Trik & Kisi-kisi Lulus Ujian Hakim Peradilan Agama”, Bapak Ahmad Nasrodin, S.Pd (Kepala Sekolah MI YAPPI Doga) yang akan “Kiat Sukses menjadi Guru MI/ SD yang Profesional”, Ibu Nurwastuti Setyowati, S.Pd.I., MSI (Guru PAI SMK Saptosari Gunungkidul), yang akan menyampaikan: “Alumni PAI STAI Yogyakarta dan Kontribusinya dalam Dunia Pendidikan di Era Digital”, dan Ibu  Aan Anepi, S.Pd (Wakil Kepala Sekolah MTs N 5 Gunungkidul) yang akan menyampaikan “Tantangan dan Kesempatan Lulusan PBA STAI Yogyakarta dalam Persaingan Global Dunia Kerja”.

Akhir Yudisium, disampaikan beberapa mahasiswa yang mencapai prestasi terbaik dari masing-masing program studi, antara lain : a). Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang terbaik yaitu Suyatminah, S.Pd (3,65), Tri Kususmaatuti, S.Pd (3,64), dan Anang Aziz, S.Pd (3,62); b).  Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yang terbaik yaitu Anis Sundari, S.Pd (3,54),  Agung Pamungkas, S.Pd (3,51), dan Neilul Fadhilah, S.Pd (3,51); c). Prodi Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah (PGMI) yang terbaik yaitu Rika Rofifah, S.Pd (3,69), Wasuci Indah Sari, S.Pd (3,58), dan Mudrikah Zain, S.Pd (3,55); dan d). Arlita Oktalika, SH (3,78), Ilham Pangestu Sudiro, SH (3,71) dan Muhammad Nur Rohman, SH (3,67). Adapun IPK tertinggi diraih oleh Arlita Oktalika, SH ((3,78) dari Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) / Ahwal Syakhsiyyah.

Setelah Yudisium, staf Tata Usaha dan Rumah Tangga STAI Yogyakarta Istarsidah, S.Pd.I., S.Pd., MSI memanggil satu persatu peserta untuk melakukan pengecekan data-data mahasiswa sebelum agenda wisuda dilaksanakan, mengecek penulisan nama, draf penerbitan ijazah dan draf transkrip nilai. Acara Yudisium, juga dihadiri Pembantu Ketua 2 Suharto, S. Ag., MM, Pembantu Ketua 3 Hudan Mudaris, SEI., MSI, Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Ana Dwi Wahyuni, S.Pd.I., M.Pd.I, Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Mustolikh Khabibul Umam, S.Pd.I., M.Pd.I, Kaprodi Pendidikan Guru MI Daluti Delimanugari, S.Pd.I., M.Pd.I, Kaprodi Hukum Keluarga Islam (HKI) / Ahwal Syakhsiyyah Ihyak, SHI., MHI, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Umi Musaropah, S.Hum., S.Pd.I., M.Ag, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dr. Ulin Nuha, S.Pd.I., M.Pd.I, Kabag. TU dan Rumah Tangga Hasanudin dan beberapa dosen serta staf tenaga kependidikan. (HRT)