KORDAIS STAI Yogyakarta Selenggarakan Peringatan Isra’ Mi’raj

Wonosari (04/03) – Dalam rangka memperingati Isra’ Miraj’ Nabi Muhammad SAW UKM KORDAIS (Korps Dakwah Islamiyah) menyelenggarakan peringatan Isra Miraj pada hari Jumat, 04 Maret 2022 di Masjid Ki Ageng Giring STAI Yogyakarta.

Acara diawali dengan sambutan dari Khoirunnisa Marwa selaku Ketua UKM KORDAIS STAI Yogyakarta dan Mauidhatul Hasanah oleh Ustadz Hilman Abdul Rahman dari Pondok Pesantren Darussalam Wonosari.

Khoirunnisa Marwa dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Ketua STAI Yogyakarta Ibu Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd yang telah mengizinkan diselenggarakannya kegiatan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada tahun 1443 H ini. Terima kasih juga kepada seluruh pengurus dan panitia dari KORDAIS yang telah mempersiapkan dan sukses melaksanakan kegiatan hari ini. Semoga kegiatan ini, membawa berkah dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW serta dapat mengambil hikmah dibalik peristiwa Isra’ Mi’raj.

Ustadz Hilman Abdul Rahman dalam Mauidhah Hasanah di peringatan Isra’ Mi’raj Rahman menyampaikan bahwa kita sebagai umat Islam bukan hanya jadi sekedar pendengar setia dari kisah Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, tetapi seyogyanya umat Islam yang beriman harus menjadi pemain dari Isra’ mi’raj itu sendiri. Nabi Muhammad melakukan Isra Mi’raj dengan jasad dan ruhnya, maka kita harus dapat meng-isra’-kan dan me-mi’raj-kan ruh inti untuk menembus empat lapis alam yaitu : alam mulki, terus menembus alam malakut, dab menembus alam Jabarut sampai tembus ke hadrotul qudsiyah yaitu alam lahut. Alam Lahut atau alam ma’rifat yang biasa disebut alam ketuhanan untuk bertemu dengan ma’rifay Allah SWT, karena seyogyanya ruh inti manusia berasal dari Allah dan setiap dari Allah akan kembali ke pada-Nya. Oleh karena itu mi’raj ruh menjadi keharusan bagi setiap umat Islam yang beriman, karena ma’rifat itu sendiri adalah keharusan bagi setiap yang beriman kepada Allah. Tutur Ustadz Hilman, yang kebetulan mahasiswa PAI STAI Yogyakarta.

Salah satu tujuan dari memperingati Isra’ Mi’raj adalah memuliakan Rasulullah SAW dan keajaiban-kejaiban yang diperlihatkan Allah kepada umat Muslim seperti tertera dalam Q.S Al- Isra’ :I. Ketika memperingati Isra’ Mi’raj dengan khusus, kita bisa memperoleh arti penting dari perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.

Pada acara ini dimeriahkan group hadroh “Tombo Ati” yang menampilkan koleksi sholawat dan lagu religi. Acara dipandu MC kondang yaitu Mitha Putriani.

Acara ini dihadiri oleh anggota KORDAIS, anggota JQH dan perwakilan-perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Prodi.

Hudan Mudaris, SEI., MSI selaku Pembantu Ketua III STAI Yogyakarta menyambut baik kegiatan ini dan kedepan berharap dapat diteruskan dengan program-program yang lebih inovatif.

Acara peringatan Isra’ mi’raj ini berjalan dengan lancar dan hidmat. Hikmah dan manfaat dari dilaksanakannya agenda ini yaitu : 1). untuk menguji, memperkuat dan menambah iman kita kepada Allah dan Rasul-Nya; 2). untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang apa yang dialami, dilihat dan dihayati oleh Rasullah SAW, yang semuanya menjadi i’tibar (pelajaran) bagi kita; 3). untuk menerima dan melaksanakan perintah salat lima waktu; 4). untuk memahami dan menghayati kemuliaan bulan Rajab sebagai bulan yang mengandung banyak kebaikan; 5). untuk mengenal mukjizat Rasulullah SAW dan kelebihan agama Islam.

Di akhir acara ditutup dengan ramah tamah para jamaah pengajian dengan iringan lagu hadroh yang makin menambah kekhususan acara. (MP)