Ulin Nuha Dosen STAI Yogyakarta, Peraih Gelar Doktor Pertama

Semarang, 04/01) – Pascasarjana UIN Walisongo Semarang hari ini menyelenggarakan Ujian Terbuka Promosi Doktor Promovendus Ulin Nuha, S. Pd. I, M. Pd. I., NIM:1400039051 dengan judul Disertasi “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 3 Sleman dengan Model Countanance Stake” bertempat di Ruang Promosi Doktor Lt. 3 Kampus 1 UIN Walisongo.

Ulin Nuha merupakan Dosen pertama dari STAI Yogyakarta yang meraih gelar Doktor. Selain sebagai Dosen Tetap pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), ia juga menjabat Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Ia anak pasangan suami Istri Bapak Muslich dan Ibu Muntamah dari Dusun Metuk, Desa Menduran, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Anak petani desa yang hidup dalam keterbatasan, tetapi memiliki tekad yang kuat dalam meraih mimpi, prestasi dalam kuliah di pendidikan tinggi dan mengaji di pesantren.

Ulin kecil dididik di Madrasah, mengaji al-Qur’an di Masjid dan simbahnya mengelola Pondok Pesantren Al-Huda al-Ulya di Grobogan. Pendidikan Sarjana dan Magister dalam Pendidikan Bahasa Arab diselesaikan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, sambil mengaji di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta dan Pondok Pesantren al-Munawwir Krapyak Asrama Huffadz. Tidak puas dengan itu, pada tahun 2014 ia berkompetisi mengikuti seleksi Beasiswa dari Kementerian Agama dan diterima di Program Doktor Pascasarjana UIN Walisongo, dengan konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab.

Bersama istri tercintanya Oktafila Filoka lestari, S.Pd, ia telah dikaruniai 2 anak yang lucu, cerdas dan Insya allah dikasih amanah lagi anak yang cerdas yang saat ini masih dalam kandungan.

Selain akademisi ia merupakan entrepreneurship– membangun Dan mengelola bisnis elektronik dan peralatan kost di kawasan kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dihadapan majelis sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Abdul Ghofur, M.Ag, Prof. Dr. H. Fatah Syukur, M.Ag; Prof. Dr. H. Ibnu Hadjar, M.Ed.; Dr. H. Suja’i, M.Ag.; Prof. Dr. H. Abdul Munip, M.Ag; Dr. H. Mahfud Shidiq, Lc, MA. ; Dr. H. Ahmad Maghfurin, MA. ; Dr. H. Yuyun Afandi, Lc, MA ia mampu mempertahankan disertasi dan menjawab semua pertanyaan dari Penguji dengan sangat baik.

Ada tiga temuan yang dihasilkan dari penelitian Disertasinya, yaitu pertama, Implementasi pembelajaran bahasa Arab pada masa pandemi Covid-19 di MAN 3 Sleman diimplementasikan dengan membuat RPP pada masa pandemi Covid 19. Media yang digunakan berbasis media komunikasi platform E-Learning, Google Meet, Google Form, dan WhatsApp. Pelaksanaan pembelajaran, diawali kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Adapun metode berbasis student centered dengan pendekatan saintifik. Sedangkan bentuk evaluasi yang digunakan yaitu melalui Google Classroom berbentuk portofolio, penugasan, praktek, dan tulis.

Kedua, tingkat ketercapaian evaluasi pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MAN 3 Sleman
Countenance Stake saat ini sudah sesuai dengan tujuan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1), hasil evaluasi pada tahap antecedent masuk dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 85.82. (2), tahap transaction juga dinyatakan berkualitas dengan melihat hasil dokumentasi sebesar 79.46. Pelaksanaan pembelajaran menggambarkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan standar proses. (3), hasil evaluasi pada tahap outcomes yaitu hasil penilaiaan autentik siswa pelajaran bahasa Arab masuk dalam kategori baik, sebesar 84, dengan melihat siswa yang lulus di mana 100% siswa memenuhi KKM.

Dan ketiga, berdasarkan tinjauan Countanance Stake, perencanaan pembelajaran yang dibuat guru menggambarkan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran bahasa Arab sehingga berimplikasi pada kualitas hasil belajar siswa yaitu prestasi siswa yang gemilang, siswa menjadi komunikatif, siswa menjadi terampil dalam mengembangkan kecakapan hidup, siswa menjadi lebih interaktif, siswa mampu memecahkan masalah, dan siswa menjadi terampil dalam menggunakan media pembelajaran daring.

Hasil ujian Terbuka Promosi Doktor, ia dinyatakan lulus dengan nilai Cumlaude dan berhak menyandang gelar Doktor, Dr. Ulin Nuha, S.Pd.I., M.Pd.I. Semoga ilmu yang didapat mampu membawa perubahan bagi STAI Yogyakarta sebagai lembaga tempat mengabdi.

Terpisah, Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd.I selaku Ketua STAI Yogyakarta menyampaikan syukur dan bangga atas capaian Dr. Ulin Nuha, S.Pd.I., M.Pd.I Dosen STAI Yogyakarta yang telah lulus ujian doktor di UIN Walisongo, semoga ilmunya bermanfaat, membawa keberkahan dan kemajuan kampus STAI Yogyakarta, apalagi ia adalah dosen STAI Yogyakarta pertama yang berhasil meraih gelar Doktor. Ini bisa sebagai modal kedepan untuk membuka program magister (S-2) di STAI Yogyakarta. (UMM).