Rapat Kerja Penyusunan Anggaran Kampus

(Gunungkidul, 6-7/11) – Menjelang awal tahun 2022, Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) melaksanakan Rapat Kerja Penyusunan Anggaran Kampus pada hari Sabtu-Ahad, 6-7 November 2021 di Penginapan Kukup Indah Kawasan Pantai Kukup Tanjungsari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Rapat Kerja melibatkan seluruh pimpinan kampus yaitu Ketua Senat, Ketua STAI Yogyakarta, Pembantu Ketua I, Pembantu Ketua II, Pembantu Ketua III, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Ketua Laboratorium dan Perpustakaan, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Ketua Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) / Ahwal Syakhsiyyah (AS), Ketua Program Studi Ekonomi Syariah (ES).

Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua STAI Yogyakarta dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa Rapat Kerja ini dilaksanakan untuk melakukan evaluasi program kerja kampus yang telah berjalan selama + setahun ini. Kemudian masing-masing unit kerja di kampus, termasuk lembaga kemahasiswaan perlu menata program kerja dan menyusun anggaran setahun ke depan. Program kerja berbasis anggaran dan anggaran berbasis program kerja. Sehingga kedepan kampus akan memiliki program kerja dan alokasi anggaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan capaian-capaian visi misi dan program kampus. STAI Yogyakarta perlu mengejar ketertinggalan dan melakukan lompatan-lompatan kerja, berpikir spektakuler dan out of the box  / keluar dari kebiasaan yang lama demi memajukan kampus, mensukseskan mahasiswa, memberikan proporsi peluang kerja kepada para lulusan/alumni dan meningkatkan karier dosen dan kesejahteraan dosen dan karyawan.

Suharto, S.Ag., MM selaku Pembantu Ketua II bidang Administrasi dan Keuangan, saat memimpin rapat kerja meminta kepada semua peserta raker untuk aktif dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan raker, karena ini merupakan titik awal untuk menentukan capaian prestasi dan kemajuan STAI Yogyakarta. Rapat Kerja untuk menyusun program kerja yang akan dilaksanakan selama setahun kedepan yaitu tahun 2022. Program kerja yang dibahas antara lain yaitu renovasi dan penataan sarana prasarana kampus, pembangunan taman baca, pengadaan fasilitas penunjang perkuliahan, perbaikan sistem keuangan kampus yang dikerjasamakan dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), pengadaan system layanan akademik, perekrutan karyawan IT dan Perpustakaan, pemberian kesejahteraan dosen dan karyawan, program peningkatan kualitas SDM LPM / Sertifikasi Audit Internal dan Pembakuan sistem evaluasi pembelajaran, pengaktifan jurnal penulisan ilmiah dan jurnal pengabdian masyarakat, melakukan penelitian bagi dosen dan mahasiswa, pengabdian ke masyarakat, selalu berkolaborasi / kemitraan dengan kampus lain atau dengan kementerian / non kementerian, melakukan seminar nasional/stadium general/pelatihan, pemberian praktikum kepada mahasiswa, penerbitan karya mahasiswa dan melakukan studi banding.

Semua program kerja disusun disertai anggaran pembiayaan dan pembiayaan dirumuskan dengan basis kegiatan. Serta anggaran dirumuskan dengan langkah dan target perolehan sumber pendanaan yang akan dilakukan secara maksimal oleh semua tim unit kerja kampus. Ujar Hasanudin selaku Kepala Tata Usaha dan Rumah Tangga.

Diakhir rapat kerja, semua lembaga struktural yaitu LPM, LPPM dan 5 (lima) Prodi merasa bangga karena dapat membuat perencanaan program kerja, perencanaan anggaran dan langkah tahapan perolehan sumber anggaran. Semoga semua keputusan rapat kerja dapat menjadi spirit dan pedoman program kerja bagi semua yang diridloi Allah SWT. Sehingga misi kampus sebagai lembaga pendidikan untuk mengangkat derajat ummat dapat terlaksana. Demikian dijelaskan Hudan Mudaris, SEI., MSI selaku Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Kealumnian dan Kerjasama.

Pada hari Ahad pagi, 07 November 2021, sebelum rapat kerja dilanjutkan, semua peserta diajak untuk menikmati suasana pantai kukup agar dapat mengurangi beban-beban aktifitas dari suasana rapat yang menguras energi dan pikiran. Acara ini sekaligus mensupport program kerja Pusat Studi Wisata dan Halal (PSWH) STAI Yogyakarta yang baru dibentuk bulan September yang lalu oleh Ibu Diyah Mintasih / Ketua STAI Yogyakarta.

Menurut Agus Suprianto selaku Direktur Pusat Studi Wisata dan Halal (PSWH), bahwa STAI Yogyakarta yang berlokasi di Gunungkidul sangat strategis sebagai kawasan wisata, karena dikelilingi panorama alam yang indah dan penuh eksotik sebagai kawasan lokasi wisata seperti Pantai Kukup ini. Disebelah juga ada Pantai Baron, Pantai Wediombo, Pantai Sepanjang, Pantai Siung, Pantai Gesing, Pantai Ngrenehan, Pantai Ngedan, Pantai Timang, Pantai lainnya. Kemudian ada lokasi wisata Gua Cerme, Gunung Kembar, Taman Batu Mulo, Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Kawasan Gua Pindul, Bejiharjo Edupark, Sri Gethuk Bleberan, Kawasan Bukit Bintang dan lokasi wisata alam lainnya. Dengan kekayaan lokasi panorama alam ini, STAI Yogyakarta mendirikan Pusat Studi Wisata dan Halal yang bertujuan untuk ikut membantu mempromosikan dan menyambut wisatawan dari berbagai daerah, khususnya kampus rekanan STAI Yogyakarta dan mitra kampus baik kementerian maupun non kementerian. Pusat Studi Wisata dan Halal akan membekali mahasiswa dan alumni dengan sertifikasi pemandu wisatawan muslim dan sekaligus lembaga ini menjadi laboratotium program studi Ekonomi Syariah (ES) STAI Yogyakarta.