Latih Empati, SEMA STAIYO Adakan BAKSOS di Saptosari Gunungkidul

Sebagai agen perubahan, mahasiswa dituntut aktif dan kreatif dalam segala situasi dan kondisi. Terlebih saat ini pandemi melanda dunia, banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan. Melihat kondisi  ini, Senat Mahasiswa (SEMA) Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) mengadakan Kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 27 September 2021 di Dusun Kanigoro, Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

Acara ini di hadiri oleh Pembantu Ketua III STAIYO Bapak Hudan Mudaris, SEI., MSI yang didampingi Dosen Prodi Hukum Keluarga Islam Bapak Gufron, SHI., MH, Kepala Dukuh Bapak Mardiyo, perwakilan dari mahasiswa baru STAIYO dan perwakilan dari masyarakat yang menerima bantuan. Kegiatan bakti sosial ini difokuskan di lokasi terpencil dan pelosok dengan mayoritas fakir miskin, yatim-piatu serta lansia.

Acara bakti sosial ini sebenarnya ialah bagian dari rangkaian kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) STAIYO yang dilakukan rutin setiap tahun dengan lokasi di masyarakat. Awalnya peserta OSPEK diberikan tugas untuk membawa barang atau sembako dan setelah terkumpul, kemudian diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Meskipun isi paket barang yang diberikan dalam kegiatan bakti sosial tidak seberapa, namun bakti sosial ini diadakan sebagai tali silahturahim dan bertujuan untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling tolong menolong, rasa saling peduli dan berbagi kasih mahasiswa STAIYO kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan bantuan. Sera mengingat saat ini kondisi pandemi yang tidak semua orang mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Selain itu dalam kegiatan ini, juga dilakukan berbagi pengetahuan dengan masyarakat kaum muda supaya tetap optimis untuk terus menambah ilmu pengetahuan yang tidak terbatas usia.

“Selain untuk mewujudkan rasa cinta kasih dan tolong menolong, Kami mengajak masyarakat terutama kaum muda untuk bergabung dan berkontribusi dengan kampus kami STAIYO, dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, pusat-pusat studi di kampus kami ataupun silahkan menjadi mahasiswa di STAIYO. Karena STAIYO memiliki 5 Program Studi dan mampu mencetak lulusan menjadi Sarjana Pendidikan (S.Pd), Sarjana Hukum (SH) dan Sarjana Ekonomi (SE)”. Ungkap Ketua Senat Mahasiswa – Akhib Ardiyanto.

Ketua Panitia Sdr. Mutiah Arsyn menyampaikan harapan dari kegiatan Bakti Sosial mahasiswa STAIYO tahun 2021 ini adalah agar memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat memunculkan individu-individu dengan rasa kemanusiaan yang tinggi.”

Kepala Dukuh Bapak Mardiyo menyampaikan dengan kegiatan ini masyarakat Kanigoro merasa sangat senang dan mengapresiasi kegiatan bakti sosial ini dan mereka juga berharap tali silahturahim ini tidak berhenti dan terus dilakukan demi menumbuhkan rasa cinta kasih serta kepedulian mahasiswa STAIYO kepada masyarakat. Karena memang mahasiswa sebagai calon pemimpin tidak cukup hanya ilmu dan materi saja, namun juga harus memiliki nurani dan empati yang tinggi. Semoga adik-adik mahasiswa kedepan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa dan menjadi orang sukses dengan ilmu yang di peroleh dari kampus STAIYO. Semoga anak-anak kami, khususnya generasi muda Dusun Kanigoro dan sekitarnya bisa ikut menimba ilmu dan menjadi mahasiswa di kampus STAIYO.

“Baksos ini sangat bagus dan bermanfaat bagi kami, mohon bisa diprogramkan lagi untuk tahun depan. Walaupun sedikit bantuan, tapi sangat membantu kami. Sedikit banyaknya bukan ukuran tapi yang dijadikan tolak ukurnya adalah rasa kepeduliannya terhadap Masyarakat”. Ungkap Tri Wuryaningsih, salah satu masyarakat Dusun Kanigoro.

Penulis : Isti Aisyah

Editor :  Hudan Mudaris, SEI., MSI