PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM YOGYAKARTA

Program Studi Ekonomi Syariah (ES) merupakan salah satu program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta), yang berdiri tahun 2015.

Tujuan pendirian program studi ini adalah untuk melahirkan sarjana yang menguasai ilmu ekonomi berdasarkan al-Quran dan Hadis sesuai yang diajarkan Rasulullah SAW. Sehingga program studi ini mengajarkan tentang ilmu ekonomi secara umum yang digabungkan dengan praktek ekonomi yang sesuai ajaran Islam.

Keunikan dan keunggulan Program Studi Ekonomi Syariah (ES) STAI YOGYAKARTA adalah mempunyai fasilitas yang lengkap dengan ruang kuliah dan ruang sidang yang representatif, tempat diskusi mahasiswa ekonomi syariah, tempat berkegiatan HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi), mini market (pusat belanja kampus), Laboratorium Pusat Bisnis STAI Yogyakarta yang menghasilkan produk sabun cuci tangan STAI Yogyakarta & Lilin aroma terapi STAI Yogyakarta, perpustakaan, unit pelayanan kesehatan mahasiswa dan sarana prasarana yang memadai serta berbagai macam beasiswa yang disediakan seperti: Beasiswa KIP-K, Beasiswa Tahfidz, beasiswa BPPA dan Beasiswa Kader NU (BKNU). Program studi ini mempunyai laboratorium Mini Bank yang lengkap yang tidak hanya difungsikan untuk praktikum perbankan syariah mahasiswa ekonomi syariah STAI Yogyakarta tetapi dibuat untuk praktikum siswa sekolahan yang tidak punya lab Perbankan syariah dan mitra kerjasama lainnya kurang lebih ada 25 mitra yang dibuktikan dengan adanya MoU dengan STAI Yogyakarta.

Lulusan prodi ekonomi syariah ditargetkan dapat menjadi Praktisi Lembaga Keuangan Syariah, Dewan Pengawas Syariah, Entrepreneur, Peneliti Ekonomi Syariah, Pendidik dan Kependidikan Ekonomi Syariah.

Untuk mendukung target profil lulusan prodi ekonomi syariah, prodi ini juga diisi oleh tenaga-tenaga pengajar yang profesional di bidangnya. Bahkan tidak hanya akademisi tetapi juga praktisi. Diantara dosen-dosen tersebut yaitu Navirta Ayu,SEI.,ME; Nurhidayatulloh,SEI.,ME; Fitri Riyanto,SEI.,ME; Ali Ridlo,SHI.,SH.,MEI; Zamroni,S.Sos.,ME; Januaryansyah Arfaizar.,SHI.,ME dan lainnya.