KULIAH FAVORIT DAN STRATEGI KOMPETISI BEASISWA

Wonosari (11/6) – Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) menggelar acara Sinau Bareng dengan tema “Tips dan Strategi Lolos Beasiswa” yang dilaksanakan pada hari Jumat, 11 Juni 2021. Acara ini diprakarsai oleh Keluarga Mahasiswa Bidikmisi (KAMADIKSI) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ahwal Syakhsiyyah (AS) / Hukum Keluarga Islam (HKI), dengan menghadirkan Narasumber Diaz Raditya, seorang Penggiat Literasi Yogyakarta dan alumni S2 Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Acara Sinau Bareng merupakan program diskusi yang dilaksanakan secara rutin dengan tema-tema yang menarik dan narasumber yang sangat berkompeten. Kali ini Sinau Bareng masuk periode ke-6 dan diformat dengan online melalui WhatsApp Group. Thema yang gagas sangat menarik karena berkaitan dengan beasiswa. Tema ini diangkat untuk mengembangkan motivasi sekaligus membuka peluang bagi para siswa dan mahasiswa bahwa banyak cara untuk memperoleh pendidikan gratis. Selama ini bukan hal yang baru jikalau biaya pendidikan sering kali menjadi penghalang seseorang untuk melanjutkan pendidikan. Tidak sedikit anak muda yang kadang harus mengubur mimpi sekolah tinggi karena terkendala biaya. Maka kehadiran Sinau Bareng kali ini bisa menjadi satu semangat dan motivasi baru bahwa masih ada harapan untuk mendapatkan biaya pendidikan.

Narasumber Diaz Radityo memaparkan pengalaman sebagai anak muda masa kini yang sejak bangku sekolah menengah atas sudah akrab dengan beasiswa. Dia mengaku pendidikan sejak SMA hingga S2 mendapat beasiswa. Bahkan saat ini sedang mempersiapkan kuliah doktor dengan berkompetisi beasiswa LPDP. “Yang perlu kita pahami adalah beasiswa itu bukan untung-untungan. Tapi strategi, usaha dan doa,” begitu ucap Diaz saat membuka sesi Sinau Bareng.

Menurutnya baik proposal maupun wawancara beasiswa ada tipsnya. Penulisan proposal, disarankan selalu memahami tema yang diinginkan lembaga pemberi beasiswa. Lalu menuliskan proposal secara realistis, sesuatu yang dekat dan tidak mengada-ada. Harus menyertakan referensi yang sesuai. Proposal sendiri nantinya bisa dua macam yaitu proposal ke universitas dan proposal untuk mendaftar beasiswa. Keduanya bisa memakai tema yang sama ataupun tema yang berbeda.

Sementara terkait dengan wawancara, tips yang paling utama adalah masalah percaya diri. “Selalu tatap mata para reviewer atau interviewer. Jangan malah ngelihatin jam apalagi smartphone,” pesan Diaz. Tips tambahan selama wawancara adalah pencari beasiswa harus memegang kendali saat wawancara. Jika memang tidak tahu cukup jawab tidak tahu, jika tahu maka jawab tahu. Sangat tidak dianjurkan untuk jawaban ngawur.

Strategi lainnya biar nyaman dalam berburu beasiswa khususnya beasiswa S2 adalah: 1) pilih program studi yang sesuai dengan tujuan atau cita-cita; 2) pahami persyaratan universitas yang tujuan; 3) pahami persyaratan pemberi beasiswa; 4) jangan pernah pelit untuk mengelurkan modal duluan. Misalnya untuk test toefl atau mengurus LoA.

Acara Sinau Bareng ini mendapat respon yang cukup menggembirakan. Peserta yang daftar sekitar 40 orang. Tri Darmini selaku inisiator pendiri Sinau Bareng mengharap agar kegiatan serupa bisa terus berjalan untuk saling menumbuhkan semangat baru dalam meraih cita-cita. Kedepan Sinau Bareng akan hadir dengan tema yang lebih menarik dengan narasumber yang sangat kompeten.

Bagi adik-adik yang masih di bangku SMA/K/MA sederajat jika menginginkan beasiswa pendidikan Strata Satu (S1) bisa bergabung dengan kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) kampus Wonosari. STAIYO menyediakan banyak beasiswa, antara lain beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar), beasiswa tahfidz, beasiswa prestasi akademik, beasiswa non akademik dan beasiswa kader NU.

Terpisah, Ketua STAIYO Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd, menyampaikan saat ini STAIYO membuka Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk gelombang I mulai tanggal 01 Februari s.d 28 Juni 2021. Informasi seputar PMB dan beasiswa bisa mendatangi Kampus STAIYO yang beralamat di Jl. Ki Ageng Giring Bansari Kepek Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Link pendaftaran PMB di https://forms.gle/gBPkkET8ZVEtzRh7 dan info PMB dapat diakses melalui  http://staiyogyakarta.ac.id/ atau hubungi Whatsapp No. 081804346419.

Ada 5 (lima) Program Studi di STAIYO yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Hukum Keluarga Islam (HKI) / Ahwal Syakhsiyyah (AS) dan Ekonomi Syariah (ES). Kelima prodi ini akan melahirkan Sarjana Pendidikan (S.Pd), Sarjana Hukum (SH) dan Sarjana Ekonomi (SE), yang profesional, unggul, berakhlakul karimah dan berdaya saing dalam dunia kerja.