STAI Ibnu Rusyd dan STAI Yogyakarta; Teken Perjanjian kerjasama Demi Peningkatan Pengelolaan Kampus

(Yogyakarta, 03/12) – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd Kotabumi Lampung bersama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) melakukan penandatanganan Memorandum of Agreemeet (MOA) dan Perjanjian Kerjasama tentang Kerjasama Pelaksaan Kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Kerjasama tertuang dalam dokumen Perjanjian Kerjasama No. 086/A/STAI-IR/XII/2022 dan No. 334/STAIYO/XII/2022 yang ditandatangani Dr. H. Makhrus Ali, S.Ag., M.Pd selaku Ketua STAI Ibnu Rusyd Kotabumi Lampung dan Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua STAI Yogyakarta, yang diwakili Agus Suprianto, SH., SHI., MSI Sebagai Pembantu Ketua I di Yogyakarta, pada tanggal 03 Desember 2022.

Makhrus Ali saat acara ceremonial kerjasama, menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari STAI Yogyakarta. STAI Ibnu Rusyd saat ini mengelola 5 (lima) program studi stata Sarjana (S-1) yaitu Pendidikan Agama Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, Ekonomi Syariah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dan Manajemen Pendidikan Islam.  Tujuan kerjasama dengan STAI Yogyakarta kali ini, ada 4 (empat) yaitu : pertama, menggalang kerjasama dalam berbagai bidang yang disepakati kedua belah pihak di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan wawasan serta peningkatan keilmuan, sesuai dengan visi misi kedua belah pihak. Kedua, mendorong peningkatan kinerja kedua belah pihak, dalam perannya untuk membumikan Ilmu Agama Islam di Indonesia sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing pihak. Ketiga, mendukung dan meningkatkan keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional dalm bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pepngembangan wawasan serta peningkatan kualitas Ilmu Agama Islam. Keempat, untuk mempromosikan hubungan persahabatan melalui pengembangan kolaborasi akademik antar perguruan tinggi.

Agus Suprianto, dalam kata sambutan menyampaikan terima kasih atas kunjungannya ke Yogyakarta dan tawaran kerjasama dari STAI Ibnu Rusyd dengan STAI Yogyakarta. STAI Yogyakarta sangat terbuka bermitra dengan pihak manapun, khususnya kali ini dengan  STAI Ibnu Rusyd Kotabaru Lampung. Kebetulan belum satu bulan ini, STAI Yogyakarta juga telah menjalin kerjasama dengan UNUSA Surabaya dan UNISMA Malang. Semoga kunjungan dan kerjasama kali ini, membawa manfaat yang saling menguntungkan (ta’awun dalam kebaikan dan Taqwa) bagi kedua belah pihak, serta akhirnya akan memberikan sumbangan pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dakwah Islamiyah yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara. Hubungan kerjama bidang akademik, dapat terjalin melalui pengajaran dan bimbingan mahasiswa gabung, seminar gabungan dan persetuan akademik, program akademik khusus, pertukaran akademik dosen atau mahasiswa, program akademik kolaboratif. Bidang riset, misalnya kegiatan penelitian bersama, penulisan riset hibah kolaboratif, dewan editorial / reviewer jurnal.

Usai acara ceremonial dan penandatanganan kerjasama, acara dilanjutkan ngobrol santai dan foto bersama, demi menambah suasana keakraban dalam proses-proses peningkatan dalam pengelolaan kampus dari masing-masing perguruan tinggi. Setelah itu, STAI Ibnu Rusyd berpamitan dan akan melanjutkan agenda kunjungan ke kampus lain dan berkunjung di beberapa lokasi pariwisata  di Yogyakarta. (SPR)