Harlah STAI Yogyakarta, JQH Gelar Acara Khotmil Qur’an

(Wonosari, 18/11) – Jam’iyyah Qurra Wal Huffadz (JQH) “Al-Muhib” Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) dalam rangka memperingati Hari Lahir ke-51 tahun STAI Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Sima’an Khotmil Qur’an Bil Ghoib di Masjid Ki Ageng Giring Kampus STAI Yogyakarta pada tanggal 18 November 2022.

Kegiatan Sima’an Khotmil Qur’an Bil Ghoib 30 Juz, dipimpin oleh Dr. Ulin Nuha, S.Pd.I., M.Pd.I dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab, yang dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembaca juz secara bergantian oleh para hafidz-hafidzah JQH “Al-Muhib”. Kegiatan Sima’an berakhir pukul 15.00, lalu dilanjutkan do’a tasyakuran dan tumpengan makan bersama oleh dosen, karyawan dan mahasiswa. Acara ini sekaligus tasyakuran ulang tahun dan nasi tumpeng dari Bapak Drs. KH. Mardiyo, M.Si Ketua STAI Yogyakarta periode sebelum 2020, yang jatuh di bulan November ini.

Donny Prasetya sebagai Ketua JQH “Al-Muhib” merasa bersyukur dan senang bisa ikut andil menyemarakkan Harlah ke-51 STAI Yogyakarta bersama anggota JQH untuk melaksanakan kegiatan Sima’an Khotmil Qur’an Bil Ghoib pada hari Jumat ini. Insya Allah ini adalah Jum’at yang berkah, jum’at yang memberikan kerahmatan bagi kampus STAI Yogyakarta. Semoga kegiatan Pengajian Akbar nanti malam dengan penceramah Syaikh Ahmad Ar Rouhi Al Jailani (cicit Syaikh Abdul Qadir Al Jailani) dari Lebanon, berjalan semarak, meriah dan lancar tanpa halangan apapun.

JQH “Al-Muhib” merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di STAI Yogyakarta yang beranggotakan para hafidz-hafidzah, para qori-qariah dan para pecinta seni baca tulis Al-Qur’an. Tujuan UKM ini adalah untuk memelihara kesucian dan keagungan Al-Qur’an, meningkatkan kualitas pemahaman, pengkajian dan tafsir dari kandungan al-Qur’an, dan mempersatukan ahli-ahli di bidang al-Qur’an dari mahasiwa/i STAI Yogyakarta. UKM ini berdiri satu tahun yang lalu, tepatnya bulan November 2021 dengan Ketua Donny Prasetya dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

UKM ini meski telah berdiri setahun yang lalu, tapi kegiatan dan kiprahnya belum tampak terlihat di kampus STAI Yogyakarta, hal ini dikarenakan pengurus dan anggota JQH masih dominan tinggal di pesantren dan ikut aktif mengelola kegiatan-kegiatan di pesantren-pesantren di daerah Gunungkidul. Selain itu, memang JQH belum memiliki dukungan sekretariat dan sarana-prasarana. Sehingga kegiatan ke-JQH-an belum aktif dan masih seputar menyemarakkan dengan kegiatan sima’an khotmil qur’an saat Harlah ke-51 STAI Yogyakarta. Kedepan JQH akan mengirimkan anggotanya untuk mengikuti kegiatan event tilawah, kaligrafi, tahfidz, baik skala propinsi maupun nasional, atau bahkan semoga JQH bisa melaksanakan dengan membuat event-event tersebut di kampus STAI Yogyakarta.

Kemudian Eni Latifah, S.Ag., MSI selaku Ketua Panitia Harlah ke-51, menyampaikan terima kasih kepada UKM JQH “Al-Muhib” yang ikut menyemarakkan Harlah ini, terima kasih pula yang tak terhingga kepada berbagai sponsorship, khusus kepada Grepek Ayam Sa’i Wonosari yang membantu konsumsi makan siang khotmil qur’an dan konsumsi Pengajian Akbar nanti malam. Juga kepada Pamela 9 Wonosari yang membantu minum air mineral botol untuk kelancaran kegiatan hari ini. Semoga usaha-usaha yang dijalankan sponsorship baik Grepek Ayam Sa’i Wonosari maupun Pamela 9 Wonosari, diberikan kelancaran, kemudahan dalam pengembangan usaha dan ditambah rezeki oleh Allah SWT.

Terpisah, Hudan Mudaris, SEI., MSI sebagai Plh. Ketua STAI Yogyakarta di ruang kerjanya menyampaikan senang dan terharu atas kegiatan Sima’an Khotmil Qur’an Bil Ghoib ini, khususnya kepada Donny Prasetya yang telah mengkoordinir anggota JQH “Al-Muhib” dalam ikut menyemarakkan Hari Lahir ke-51 STAI Yogyakarta. Semoga kegiatan ini membawa keberkahan, membawa kerahmatan dan kemaslahatan, khususnya untuk JQH dan umumnya bagi kampus STAI Yogyakarta. Mudah-mudahan melalui fadhilah bacaan al-Qur’an, Allah SWT mengabulkan hajat dan cita-cita kampus yaitu segera meningkatkan status dari STAI menjadi Institut dan Universitas, kampus STAI Yogyakarta menjadi kampus pilihan untuk mengkuliahkan putra/i masyarakat, sehingga mahasiswa kampus ini berjumlah 1000 atau bahkan 1500 mahasiswa. Amin