LAPORAN DAN RENSTRA KAMPUS DALAM SIDANG SENAT

(Wonosari, 28/11) – Peringatan Hari Lahir ke-50 tahun Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta), Senat STAI Yogyakarta menggelar Sidang Senat Terbuka dengan agenda penyampaian laporan dan rencana strategis kampus STAI Yogyakarta oleh Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua STAI Yogyakarta di Aula Gedung Drs. K.H. Mardiyo, M.Si pada tanggal 28 November 2021.

Sidang Senat Terbuka dihadiri seluruh anggota Senat dan dosen STAI Yogyakarta. Acara sidang dipimpin dan dibuka oleh Nurhidayatuloh, SEI., ME selaku Ketua Senat STAI Yogyakarta, yang didampingi Umi Musaropah, S. Hum., S.Pd.I., M.Ag selaku Sekretaris Senat STAI Yogyakarta. Acara sidang berlangung lancar dan seluruh peserta sidang memperhatikan secara serius pidato Ketua STAI Yogyakarta.

Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd., selaku Ketua STAI Yogyakarta menyampaikan 4 (empat) hal yaitu pelaksanaan bidang akademik; pelayanan bidang administrasi, sarpras, dan keuangan; pelaksanaan bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama; dan bidang penjaminan mutu. Selain itu, ada 5 (lima) harapan yang sedang dipersiapkan yaitu menaikkan menjadi Institut dengan menghidupkan kembali 2 prodi Pendidikan Guru anak Usia Dini (PGPAUD) dan Hukum Tata Negara (HTN); perbaikan akreditasi Ekonomi Syariah, PGMI, PAI, PBA dan HKI / AS; peningkatan jumlah Mahasiswa; peningkatan karier dosen; dan membangun tenaga pendidik yang sesuai profesional.

Selanjutnya, langkah perencanaan strategis yang akan ditempuh antara lain, yaitu meningkatkan mutu dosen yang profesional; meningkatkan tim IT yang mendukung proses akademik; penambahan/renovasi fasilitas kampus yang memadai dalam proses perkuliahan; dan sistem pelayanan terbaik untuk mahasiswa, dosen dan karyawan. Materi pidato Ketua STAI Yogyakarta dapat diunduh di https://bit.ly/LaporanKetuaSTAIYogyakarta_SidangSenat_Harlah50th.

Eni Latifah, S.Ag., M.SI Dosen Senior STAI Yogyakarta yang sedang menyelesaikan Studi Program Doktor di Universitas Gajah Mada, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Ketua dan pimpinan STAI Yogyakarta, yang telah melaksanakan kerja keras membangun dan meningkatkan mutu kampus dari berbagai hal. Terosobosan program, rasa optimis dan kekuatan kebersamaan tim dari pimpinan kampus / prodi, memang telah dapat dirasakan perubahan-perubahannya. Banyak dosen yang ikut kompetetisi riset dana hibah di kemenag dan ada yang lolos, mahasiswa selalu menunjukkan capaian prestasi, berbagai kegiatan webinar dan praktikum dilaksanakan dalam rangka melengkapi teori perkuliahan. Bangunan keterbukaan kolaborasi dengan berbagai stakeholder kampus lain, dengan menandatangani MoU kerjasama dengan PTN/PTS dalam program MBKM, kerjasama dengan instansi mitra seperti instansi Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri, MAN / SMA / SMK, MIN, MTS, LAZISNU, media dan hal lain yang telah dicapai dan selalu ditingkatkan dengan rencana-rencana strategis kampus lainnya.

Nurhidayatuloh, SEI., ME selaku Ketua Senat STAI Yogyakarta, menyampaikan syukur atas kegiatan Sidang Senat kali ini, karena ini adalah Sidang Senat yang pertama kali dilaksanakan selain Sidang Senat Terbuka dengan agenda wisuda sarjana S-1. Kedepan kami akan selalu mengagendakan Sidang Senat Terbuka dalam acara Peringatan Harlah STAI Yogyakarta, dengan agenda memberikan kesempatan kepada Ketua STAI Yogyakarta untuk menyampaikan laporan kinerja dalam setahun dan sekaligus menyampaikan perencanaan yang strategis bagi kemajuan dan perkembangan kampus. Penyampaian laporan Ketua STAI Yogyakarta dalam forum sidang senat, merupakan proses keterbukaan dan akuntabilitas STAI Yogyakarta sebagai kampus publik yang mengemban misi keummatan berwawasan kebangsaan yang terpercaya oleh masyarakat secara luas.