Wisuda Angkatan XXVII Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta

Wonosari (11/09) – Hari Sabtu, 11 September 2021 Masehi / 04 Shafar 1443 Hijriyah Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) melaksanakan Wisuda Sarjana Strata Satu (S-1) di Aula Utama Kampus STAIYO secara luring (offline) dengan menerapkan protokol kesehatan, undangan sangat terbatas dan tidak ada undangan bagi keluarga wisudawan/wisudawati. Jumlah peserta wisuda sebanyak 58 orang, dengan sebaran masing-masing Program Studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 35 orang, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) sebanyak 6 orang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebanyak 4 orang dan Ahwal Syakhsiyyah (AS) / Hukum Keluarga Islam (HKI) sebanyak 13 orang. Sehingga total alumni STAIYO sampai wisuda angkatan XXVII adalah 3.774 orang.

Wisuda angkatan XXVII STAIYO dihadiri tamu undangan VIP yaitu Koordinator Kopertais III D.I.Yogyakarta / Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A, beserta rombongan dari Kopertais yaitu Dr. H. Khamim Zarkasi Putro, M.Si. dan Muhammad Ridwan. Hadir pula Bupati Gunungkidul yang diwakili Sekda Kabupaten Gunungkidul yaitu Ir. Drajad Ruswandono, MT., dari PWNU D.I.Yogyakarta H. Fahmy Akbar Idris, SE., MM, dari  BPH STAIYO Dr. H. Ahmad Bahiej, SH., M.Hum, dari PCNU Gunungkidul yaitu Rois Syuriah Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I dan Pengurus Tanfidziyah H. Mukhotib, S.Ag., M.Pd.I.

Ketua STAIYO Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd memberikan Nominasi 10 (sepuluh) wisudawan / wisudawati kategori cumlaude terbaik yaitu Giyanti, S.Pd. dari Prodi PAI dengan IPK 3,67, Eni Nurhuda, S.Pd. dari Prodi PAI dengan IPK 3,63, Unik Alfi Sayidah, S.Pd. dari Prodi PAI dengan IPK 3,62, Reni Rahmawati, S.Pd. dari Prodi PAI dengan IPK 3,62, Ana Safitri, S.Pd. dari Prodi PGMI dengan IPK 3,58, Muhammad Alfin Rifai, S.Pd dari Prodi PGMI dengan IPK 3,51, Hasan Fauzi Akbar, S.Pd. dari Prodi PBA dengan IPK 3,57, Suranto, SH dari Prodi HKI dengan IPK 3,71, Sulasmi, SH dari Prodi HKI dengan IPK 3,70 dan Esti Rahayu, SH dari Prodi HKI dengan IPK 3,64. Dari keseluruhan wisudawan /wisudawati yang memperoleh indeks prestasi tertinggi yaitu Suranto, SH dari Prodi HKI dengan IPK 3,71.

Wisuda berjalan dengan hikmat dan dipandu oleh pasangan MC dosen STAIYO yaitu Suratiningsih, SE., M.Pd.I dan Ria Nurhayati, S.Pd.I., M.Pd.I., acara wisuda dibuka oleh Ketua Senat STAIYO Nurhidayatuloh, SEI., ME dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Lagu Syubbanul Wathan, Lagu Mengheningkan Cipta, Pembacaan Ayat-Ayat Suci al-Qur’an oleh Muhammad Agus Najib, S.Pd.I., M.Pd.I, Sambutan Ketua Senat Nurhidayatuloh, SEI., ME, Sambutan Ketua STAIYO Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd, Sambutan Koordinator Kopertais Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A, Sambutan Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta yang dibacakan Setda Ir. Drajad Ruswandono, MT. selaku Setda Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan Sambutan PWNU D.I.Yogyakarta H. Fahmy Akbar Idris, SE., MM.

Dalam pernyataan sambutan di acara wisuda ini, mayoritas yang memberi sambutan menyatakan apresiasi kepada Senat dan pimpinan STAIYO yang telah mendidik mahasiswa hingga mampu dan berhasil memperoleh gelar sarjana. Ucapan selamat dan sukses berkali-kali disampaikan kepada wisudawan/wisudawati yang hari ini lulus dan mengikuti wisuda, semoga ilmu yang diperoleh selama di STAIYO bermanfaat dan barokah. Menjadi alumni yang selalu ingat dengan almamater STAIYO dan siap berkiprah dalam membangun masyarakat dan bangsa, alumni yang tangguh, alumni yang tahan banting, unggul, cerdas, kompeten dan berdaya saya. Perjuangan saudara yang diwisuda belum selesai, silahkan lanjutkan cita-cita untuk lanjut studi S-2 bahkan S-3. Disampaikan bahwa STAIYO telah mencantumkan tekad untuk menjadikan “STAIYO sebagai kampus Islam dan kampus modern” dan melakukan berbagai kegiatan diantaranya : review dan perubahan kurikulum yang berbasis kompetensi, pengisian formasi dosen dan tenaga pendidikan, pendirian 14 lembaga penunjang pendidikan seperti “Pusat dan Studi Wisata Halal. Pernyataan Koordinator Kopertais yang sekaligus Rektor UIN Sunan Kalijaga, menyatakan intinya “siap bekerjasama dengan kampus STAIYO di Wonosari dalam segala bentuk”. Sementara pernyataan sambutan Bupati  Gunungkidul menyatakan diantaranya “mari bersama-sama membangun Gunungkidul secara progresif, karena STAIYO adalah asset besar bagi Kabupaten Gunungkidul” dan pernyataan PWNU D.I.Yogyakarta yaitu “rasa bangga atas prestasi ini, karena wisuda ini – alumni-alumni ini – kampus STAIYO ini adalah asset NU yang sangat berharga nilainya bagi jam’iyyah Nahdlatul Ulama. Semoga anda semua bisa bertanggungjawab secara professional akademik, tanggungjawab sosial di masyarakat dan tanggungjawab sebagai kader idiologi NU yang harus selalu menguatkan dan menyebarkan “Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdhiyyah (Aswaja An-Nahdhiyyah)”.

Setelah sambutan-sambutan, acara wisuda dilanjutkan dengan prosesi pemindahan kuncir wisuda dan penyerahan Ijazah – transkrip nilai oleh Ketua STAIYO Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd didampingi Pembantu Ketua I Agus Suprianto, SH., SHI., MSI dan Para Ketua Program Studi yaitu Ana Dwi Wahyuni, S.Pd.I., M.Pd.I, Mustolikh Khabibul Umam, S.Pd.I., M.Pd.I, Daluti Delimanugari, S.Pd.I., M.Pd.I dan Ihyak, SHI., MHI. Setelah selesai acara wisuda diakhiri dengan pembacaan ikrar wisuda yang dipandu oleh Dety Rahmawati, S.Pd dan Pernyataan Kesan/Pesan oleh Suranto, SH dan terakhir do’a yang dipimpin Rois Syuriah PCNU Kabupaten Gunungkidul Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I. dan acara sidang terbuka senat STAIYO dengan agenda Wisuda angkatan XXVII ditutup oleh Ketua Senat STAIYO.