SAMBUTAN BUPATI GUNUNGKIDUL PADA ACARA WISUDA SARJANA S-1 PERIODE KE-27 SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM YOGYAKARTA (STAIYO) TAHUN 2021 SABTU, 11 SEPTEMBER 2021

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

Hadirin dan Tamu undangan yang saya hormati,

Wisudawan dan wisudawati yang berbahagia.

Mengiringi hari yang penuh rahmat ini, marilah kita panjatkan syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan perkenan-Nya, kita dapat hadir dan mengikuti rangkaian acara “Wisuda S-1 Periode ke-27 Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) Tahun 2021” dalam nikmat kesehatan dan keselamatan serta optimisme kita untuk tetap selalu terjaga sehat di tengah masa pandemi covid-19 ini.

Pertama-tama, atas nama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, saya mengucapkan Selamat kepada segenap wisudawan/wisudawati yang telah berhasil menempuh proses pembelajaran dengan baik sehingga berhak menyandang gelar kesarjanaan sesuai sesuai bidang studi masing-masing. Tentunya kesuksesan ini dapat membawa semangat, antusiasme, serta motivasi baru untuk segera mengaplikasikan ilmu seraya mengabdikan diri kepada Agama, Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Wisudawan dan wisudawati sekalian

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini menuntut semua pihak untuk senantiasa peka dan sigap terhadap beragam kemampuan dan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam bekerja maupun berkarya. Meski bukan yang paling utama, keterampilan komputer yang memadahi, penguasaan bahasa asing yang baik, maupun keterampilan komunikasi yang handal merupakan keunggulan-keunggulan yang saat ini sangat dibutuhkan di dunia kerja maupun usaha.

Dengan melihat kenyataan tersebut, Ijazah dan pengetahuan teoritis yang didapat di masa studi bukanlah jaminan untuk dapat memperoleh pekerjaan ataupun berwirausaha dengan mudah. Akan tetapi, saya yakin bahwa wisudawan/wisudawati Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) kali ini telah memiliki suatu keunggulan yang dapat dibanggakan. Wisudawan/wisudawati sekalian harus mampu bertindak dinamis dan memanfaatkan segala peluang untuk terjun ke dunia kerja, menciptakan lapangan kerja, maupun berwirausaha, sekaligus turut berpartisipasi dalam membangkitkan optimisme dan dinamisme baru di tengah pesatnya kemajuan daerah.

Wisudawan dan wisudawati yang berbahagia.

Terkait dengan acara ini, secara lahiriah acara wisuda merupakan awal dari perpisahan segenap wisudawan/wisudawati akan semakin berjarak meskipun kemajuan teknologi telah mempermudah kita dalam berkomunikasi. Namun demikian, saya berharap bahwa seluruh alumni STAIYO tetap dapat menjalin hubungan baik sekaligus menjaga nama baik almamater pada khususnya, dan Gunungkidul pada umumnya. Keluarga besar akan mampu menjadi suatu kekuatan yang handal jika dilandasi dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi saya ucapkan Selamat dan Sukses kepada segenap wisuda/wisudawati yang telah berhasil menjalani dan menyelesaikan studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO). Pemerintah dan Masyarakat Gunungkidul menanti Kontribusi dan pengabdian saudara untuk bersama-sama “Mewujudkan Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Gunungkidul Yang Bermartabat Tahun 2026.

Akhir kata, semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan ridha-Nya bagi setiap langkah dan usaha kita untuk merealisasikan cita-cita tersebut. Amin

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

Bupati Gunungkidul

H. Sunaryanta

Sumber :

Disalin dari teks asli sambutan Bupati Gunungkidul yang dibacakan oleh Setda Kabupaten Gunungkidul yaitu Ir. Drajad Ruswandono, MT, pada acara Wisuda angkatan Ke-27 STAIYO, yang dilaksanakan hari Sabtu, 11 September 2021 di Aula Utama kampus STAIYO.