Perbaikan Layanan Keuangan, Kampus STAIYO Menggandeng Bank Syariah Indonesia

Wonosari (02/09) – Hari Kamis, 02 September 2021 Masehi, Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) Ibu Diyah Mintasih didampingi Suharto, S.Ag., MM selaku Pembantu Ketua II Bidang Administrasi dan Keuangan menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Branch Manager PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Ambarukmo Ibu Ririn Indarwati di Aula Kampus STAIYO.

Perjanjian kerjasama dimaksudkan dalam rangka pemanfaatan jasa/layanan dan produk perbankan berdasarkan prinsip syariah untuk pendanaan maupun pembiayaan dan memberikan solusi transaksi keuangan syariah. Bentuk kerjasama secara teknis seperti pemanfaatan produk-produk tabungan, giro dan deposito bagi kampus, dosen, karyawan dan mahasiswa. Selain itu untuk pemanfaatan layanan Pembayaran Akademik dan Cash Management (PACM), melakukan pendidikan, pelatihan dan pemagangan mahasiswa.

Diyah Mintasih usai penandatanganan dengan kerjasama ini, menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka meningkatkan perbaikan layanan keuangan kampus dan sekaligus penertiban sistem keuangan kampus STAIYO. Sebagai pimpinan STAIYO, akan berkomitmen untuk mengajak seluruh dosen / karyawan dan mahasiswa agar membuka rekening di Bank Syariah Indonesia (BSI). Karena seluruh transaksi pembayaran uang transport mengajar bagi dosen ataupun honor/gaji karyawan akan dibayar melalui rekening BSI yang telah dimilikinya. Bagi mahasiswa untuk pembayaran SPP ataupun pembayaran lainnya, juga sama akan melalui rekening BSI yang tunjuk tersebut. Dengan kerjasama ini, kampus tidak perlu melakukan transaksi dengan bank yang variatif dan bisa dengan mudah melakukan transaksi tanpa harus antri di loket kantor bank. Selain itu, dengan kerjasama ini akan menambah kemitraan dan jaringan kampus, khususnya bagi Prodi Ekonomi Syariah dalam melakukan praktikum perkuliahan mahasiswa.

Ririn Indarwati dari Branch Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Ambarukmo, menyambut senang dengan kerjasama ini. Kami berkomitmen untuk memberikan fasilitas kemudahan transaksi layanan keuangan akademik STAIYO, seperti pembayaran SPP atau iuran kampus lainnya bagi mahasiswa dan kemudahan pembayaran penggantian transport mengajar dosen atau honor/gaji karyawan. Kerjasama ini sekaligus menjadi syiar Ekonomi Islam yang menjadi program pemerintah khususnya amanah Wakil Presiden Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin dalam membumikan ekonomi islam di Indonesia. Kami sebagai praktisi perbankan siap diundang untuk memberikan kuliah umum bagi mahasiswa dan lokasi pemagangan mahasiswa serta kegiatan lainnya sebagai sponsorship.

Selain penandatanganan kerjasama, pihak BSI mempresentasikan program investasi emas berbasis akad syariah bagi dosen dan karyawan dan layanan pembukaan rekening secara massal bagi dosen dan karyawan STAIYO. Adapun bagi mahasiswa dalam waktu dekat akan diagendakan pembukaan rekening BSI secara massal di kampus STAIYO.

Sebelum ditutup acara kerjasama ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua STAIYO Diyah Mintasih, yang diberikan kepada Ririn Indarwati selaku Branch Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Ambarukmo. Selanjutnya dilakukan foto bersama dan makan siang nasi tumbeng atau nasi kotak, sambil ngobrol keceriaan tentang ide-ide pengembangan kampus STAIYO pasca penandatanganan kerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI).