Koordinator Kopertais III Menghadiri Wisuda STAIYO Angkatan XXVII

Wonosari (11/09) – Hari Sabtu, 11 September 2021 Masehi / 04 Shafar 1443 Hijriyah, Koordinator  Kopertais III D.I.Yogyakarta menghadiri undangan Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) untuk acara Wisuda Sarjana Strata Satu (S-1) di Aula Utama Kampus STAIYO Wonosari. Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A selaku Koordinator Kopertais III D.I.Yogyakarta yang sekaligus Rektor UIN Sunan Kalijaga, hadir didampingi Sekretaris Kopertais Dr. H. Khamim Zarkasi Putro, M.Si dan Muhammad Ridwan.

Sekretaris Kopertais Dr. H. Khamim Zarkasi Putro, M.Si dan Muhammad Ridwan yang datang lebih dahulu ke kampus STAIYO mengabarkan kepada Suharto, S.Ag., MM selaku Ketua Panitia bahwa Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A / Koordinator Kopertais III D.I.Yogyakarta akan hadir dilokasi dan memberikan sambutan ditengah-tengah kebahagiaan wisudawan/wisudawati. Sehingga ini menjadikan Ketua Senat dan Pimpinan STAIYO, kaget sekaligus bangga karena acara wisuda dihadiri langsung Koordinator Kopertais III D.I.Yogyakarta.

Tepat menjelang acara wisuda dimulai Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A sampai di kampus STAIYO dan  langsung disambut oleh pimpinan STAIYO, Pengurus PWNU D.I.Yogyakarta  H. Fahmy Akbar Idris, SE., MM, Ketua Badan Pengelola Harian (BPH) STAIYO Dr. H. Ahmad Bahiej, SH., M.Hum, PCNU Gunungkidul yaitu Rois Syuriah Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I dan Pengurus Tanfidziyah H. Mukhotib, S.Ag., M.Pd.I serta Setda Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Ir. Drajad Ruswandono, MT., yang mewakili Bupati Gunungkidul.

Selama wisuda berlangsung, Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A menyimak sambutan Ketua Senat dan Ketua STAIYO yang menjelaskan bahwa jumlah peserta wisuda sebanyak 58 orang, dari Program Studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Ahwal Syakhsiyyah (AS) / Hukum Keluarga Islam (HKI). Total keseluruhan alumni STAIYO sampai wisuda angkatan XXVII adalah 3.774 orang. Ada 10 (sepuluh) nominasi wisudawan / wisudawati kategori cumlaude terbaik yaitu Giyanti, S.Pd, Eni Nurhuda, S.Pd, Unik Alfi Sayidah, S.Pd, Reni Rahmawati, S.Pd, Ana Safitri, S.Pd, Muhammad Alfin Rifai, S.Pd, Hasan Fauzi Akbar, S.Pd, Suranto, SH, Sulasmi, SH dan Esti Rahayu, SH. Dari keseluruhan wisudawan /wisudawati yang memperoleh indeks prestasi tertinggi yaitu Suranto, SH dengan IPK 3,71.

Al Makin sebagai Koordinator Kopertais dalam sambutan, pertama menyampaikan hormat kepada Bupati Gunungkidul yang diwakili Sekda Kabupaten Gunungkidul yaitu Ir. Drajad Ruswandono, MT., dari PWNU D.I.Yogyakarta H. Fahmy Akbar Idris, SE., MM, dari  BPH STAIYO Dr. H. Ahmad Bahiej, SH., M.Hum, dari PCNU Gunungkidul yaitu Rois Syuriah Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I dan Pengurus Tanfidziyah H. Mukhotib, S.Ag., M.Pd.I, serta Ketua Senat, Ketua STAIYO, Pembantu-pembantu Ketua dan Kaprodi-Kaprodi.

Selanjutnya ungkapan syukur kepada Allah SWT, karena bisa menghadiri acara wisuda ini. Selamat dan sukses kepada wisudawan / wisudawati atas kebahagian dan keberkahan ilmu yang diperoleh. Ini adalah pertama kali kami menghadiri acara wisuda diluar UIN Sunan Kalijaga, karena kami melihat STAIYO adalah sangat istimewa. Apalagi kami bangga bisa ketemu Senat dan pimpinan STAIYO, lebih-lebih kami terkejut dan bangga bisa ketemu dengan Kyai H. Fahmy Akbar Idris dari PWNU DIY, ketemu dengan Kyai Doktor Ahmad Bahiej, SH., M.Hum yang juga Wakil Dekan di kampus kami, pengurus PWNU DIY dan pendahulunya sebagai pendiri STAIYO, yang berubah dari masa ke masa yaitu dari Universitas Nadhlatul Ulama (UNU) menjadi Universitas Islam Yogyakarta (UIY), lalu menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Yogyakarta (STITY) dan sekarang menjadi STAIYO).

Menurut kitab ta’lim muta’alim dijelaskan bahwa menuntut ilmu itu syaratnya waktu yang panjang. Belajar adalah sepanjang masa dan tidak berhenti sampai wisuda, anda harus belajar dan mensukseskan karier. Selain itu, dalam ta’lim dijelaskan adanya akhlak atau yang dalam ilmu manajemen modern dikenal dengan ‘watak menghormati dan bekerjasama’. Kami sebagai Kopertais dan pimpinan UIN Sunan Kalijaga, selalu terbuka untuk kerjasama dengan STAIYO. Kerjasama untuk peningkatan dan saling menguntungkan. Seperti saat ini Ibu Ketua STAIYO juga sekarang belajar S3 di kampus kami. Untuk itu bagi wisudawan/wisudawati jika ada yang punya ide-gagasan yang baik atau proposal yang baik, sampaikan dan mari bekerjasama dengan kami. Sukses sulit diraih sendiri, tetapi perlu dilakukan bersama-sama, saling menguntung, saling memberi dan saling berbagi. Sekali lagi selamat berbahagia dan siapkan langkah berikutnya dengan belajar, mendengar, membaca dan memberi demi prestasi dan karir yang luar biasa. Tutur Al Makin.