SYAWALAN DAN PERGANTIAN PENGURUS FORKOM PTKIS KOPERTAIS YOGYAKARTA

Yogyakarta (08/06) – Selasa, 08 Juni 2021 Masehi / 27 Syawal 1442 Hijriyah Forum Komunikasi (FORKOM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta menyelenggarakan acara Syawalan dan Pergantian Pengurus di Gedung Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Jl. Ringroad Selatan, Banguntapan, Bantul. Acara berlangsung secara hikmah dan mematuhi standar protokol kesehatan yaitu setiap PTKIS dibatasi tiga perwakilan, menjaga berjarak, memakai masker dan tersedia cuci tangan. Kegiatan ini dihadiri oleh KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta Dr. H. Khamim Zarkasi Putro, M.Si. , Muhammad Ridwan dan Andi Irawan, Purwanto. Serta perwakilan dari 16 kampus PTKIS yaitu FAI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, FIAI UII Yogyakarta, FAI Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, FAI Universitas Alma Ata, FAI Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, STEI Hamfara Yogyakarta, STAI Sunan Pandanaran, STAI Masjid Syuhada, STEBI Al-Muhsin, STPI Bina Insan Mulia, STIT Madani, STEI Yogyakarta, STAI Yogyakarta, STAIT Yogyakarta, dan IIQ An-Nur Yogyakarta.

Acara syawalan dimulai sambutan dari tuan rumah selaku panitia yaitu Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag Dekan FAI UAD. Ucapan ahlan wa sahlan, selamat datang dan terima kasih atas kehadiran semua perwakilan PTKIS di acara FORKOM ini. Selanjutnya panitia mohon maaf apabila ada yang tidak berkenan dalam penyambutan atau menyiapkan acara ini dan semoga acara ini membawa berkah bagi kita semua.

Dr. Hj. Akif Khilmiyah, M. Ag 2017-2021 Ketua FORKOM PTKIS KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta menyampaikan minal aidin wal faizin – mohon maaf lahir dan bathin. Acara syawalan tahun ini sengaja disatukan dengan pergantian pengurus, agar nuansa lebih berarti karena memang kepengurusan FORKOM PTKIS telah selesai. Oleh karenanya, syawalan dibarengkan dengan pergantian kepengurusan dan penyampaian laporan pengurus.

Dr. H. Khamim Zarkasi Putro, M.Si., Sekretaris KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta dalam sambutan memberikan motivasi kepada seluruh PTKIS agar selalu meningkatkan prestasi demi prestasi, seperti dalam kelembagaan, akreditasi, karier dosen, penguatan prodi dan kemahasiswaan. Kami mengucapkan selamat kepada lima pimpinan PTKIS yang baru yaitu Dekan FAI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ketua STAI Yogyakarta, Ketua STPI Bina Insan Mulia, STAI Masjid Syuhada dan STIT Madani. Disampaikan meskipun masih dalam masa pandemi, tapi perguruan tinggi tetap dituntut untuk penyesuaian pembelajaran dan melakukan inovasi-inovasi. Mohon data PD DIKTI untuk selalu di update dan dikelola oleh tim yang profesional. Harapan FORKOM menjadi jembatan antar PTKIS dengan KOPERTAIS. Kemudian periode ini ada tiga kampus yang tidak mengambil beasiswa KIP yaitu UII, UMY, UAD, sehingga silahkan kampus yang lain memaksimalkan peluang ini. Untuk sertifikasi dosen, tinggal menunggu perkembangan informasi dari pusat. Lalu dalam waktu dekat ada pertemuan untuk Lembaga Penjamin Mutu (LPM) selama tiga hari, nanti mohon data Dosen LPM dari setiap PTKIS.

Ditambahkan oleh Muhammad Ridwan dari KOPERTAIS yang menjelaskan secara teknis terkait beasiswa KIP agar segera mungkin diajukan, apalagi ada tiga kampus yang memang tidak mengajukan sehingga silahkan dimanfaatkan oleh kampus yang lain, dosen setiap PTKIS agar selalu meningkatkan prestasi dan dipacu kariernya, Lembaga Penjamin Mutu (LPM) akan ada pertemuan selama tiga hari yang nanti waktu dan tempat akan diinformasikan menyusul dan terlebih dahulu mohon data dosen yang membidangi LPM dari masing-masing PTKIS. Alhamdulillah beberapa waktu kemarin, ada monitoring dan evaluasi terkait PD DIKTI dari Kementerian Agama Pusat untuk sampel kunjungan di empat kampus yaitu STAIYO Wonosari, STAI Terpadu, STPI Bina Insan Mulia dan STEI Yogyakarta. Semoga monitoring dan evaluasi memacu PTKIS untuk lebih meningkatkan perkembangan dalam melakukan pengelolaan dan mengupdate data PD DIKTI. Serta Kopertais, mohon maaf yang tidak bisa maksimal karena memang personel kami yang terbatas.

Kemudian acara penyampaian laporan pertanggungjawaban FORKOM PTKIS yang dipimpin oleh Ketua Dr. Hj. Akif Khilmiyah, M. Ag, yang didampingi pengurus Danang Dwi Prasetya, M.Pd dan Siti Murtiyani, SE., M.Si., Akt, Ph.D. Pengurus FORKOM PTKIS memaparkan beberapa capaian kegiatan FORKOM selama satu kepengurusan, diantaranya : 1) Bidang pengajaran yaitu melakukan mengajar silang, Silang tim penguji ujian skripsi dan Focus Group Discussion (FGD) Dosen Mata Kuliah. 2). Bidang Karier Dosen yaitu bimbingan karier dosen dan bantuan dukungan jabatan fungsional dosen, pemeliharaan administrasi sertifikasi dosen, kerjasama kelanjutan S3 dan mengajar silang. 3). Bidang Penelitian dan kegiatan ilmiah yaitu Seminar / Lokakarya/ Workshop, Reasearch team penelitian gabungan dosen antara dosen PTKIS, Pemuatan jurnal silang dan penerbitan buku bersama. 4). Bidang Pengabdian masyarakat yaitu aksi sosial bersama FORKOM dan KKN Integratif. 5). Bidang kemahasiswaan yaitu PKM dan forum BEM/UKM PTKIS Wilayah III. 6). Bidang kelembagaan yaitu pendampingan akreditasi Prodi-Institusi dan Kerjasama kelanjutan studi S3.

FORKOM PTKIS di Yogyakarta banyak memberikan manfaat bagi PTKIS, karena ini merupakan forum silaturahim yang saling mensupport antar PTKIS. Sebagaimana capaian kegiatan diatas, FORKOM dapat memfasilitasi kegiatan bersama beberapa PTKIS yang dikoordinasi oleh FORKOM dan dibina oleh KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta. Termasuk menfasilitasi PTKIS satu dengan PTKIS yang lain dalam melakukan silang mengajar, menguji skripsi, penulisan atau pengelolaan jurnal. Melalui FORKOM ini pula memudahkan untuk update informasi perkembangan dan memotivasi PTKIS untuk saling terpacu dan berkompetitif menuju perbaikan secara bersama dalam misi mengembangkan pendidikan di Indonesia, khususnya D.I.Yogyakarta. FORKOM di Yogyakarta, secara organisasi lebih maju dan mandiri, karena dapat melakukan pengelolaan keuangan secara mandiri, membantu karier dosen dengan pengelolaan secara mandiri dan tentu atas koordinasi dan binaan dari Kopertais, dan sekarang memiliki saldo sekitar 17juta, bahkan FORKOM PTKIS D.I.Yogyakarta menjadi percontohan bagi FORKOM PTKIS di Indonesia dari luar D.I.Yogyakarta.

Selain pemaparan kegiatan capaian program, Pengurus FORKOM PTKIS periode tahun 2017-2021 mengakhiri masa kepengurusan dan melakukan pergantian kepengurusan. Pergantian kepengurusan dilakukan secara sederhana dan unik, disampaikan “kampus mana yang siap tombok (modal) dan belum pernah menjadi ketua, gimana jika setelah UMY ganti geser ke UAD? atau kampus mana yang siap mencalonkan diri?” Beberapa saat tidak ada jawaban dari peserta, maka gimana jika ketua dari UAD saja? Serentak peserta menyetujui dan secara aklamasi menunjuk Dekan FAI Universitas Ahmad Dahlan Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag sebagai Ketua FORKOM PTKIS KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta periode 2021-2025.

Nur Kholis dalam sambutan ketua terpilih menjelaskan terima kasih atas kepercayaan kepada UAD dan dirinya untuk memimpin FORKOM. Sebentar lagi jabatan saya sebagai Dekan FAI UAD mendekati purna, lha ini malah dikasih amanah lagi. Tapi karena forum menghendaki saya untuk menjadi ketua FORKOM, maka saya dan FAI UAD akan berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan FORKOM menjadi lebih baik dan mohon beberapa pengurus yang lalu tetap berada dikepengurusan.

Selanjutnya forum menunjuk Setyoadi Purwanto, S.Pd., M.Pd.I Ketua STPI Bina Insan Mulia sebagai Wakil Ketua untuk mendampingi Ketua FORKOM PTKIS terpilih. Adapun kepengurusan FORKOM PTKIS KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta yang lengkap, akan disusun secepatnya dan dikoordinasi oleh Ketua dan wakil ketua terpilih. Acara diakhiri pemberian ucapan selatan kepada sebagai Ketua terpilih dan dilanjutkan foto bersama pengurus lama, foto bersama KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta, foto bersama perwakilan masing-masing PTKIS.

Usai acara formal, Ketua STAI Yogyakarta Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd yang didampingi Agus Suprianto, SH., SHI.., MSI dan Umi Musaropah, S.Hum., S.Pd.I., M.Ag menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag sebagai Ketua dan Setyoadi Purwanto, S.Pd., M.Pd.I sebagai Wakil Ketua. Semoga FORKOM PTKIS KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta menjadi lebih baik, lebih maju dan memberi manfaat bagi semua PTKIS. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Dr. Hj. Akif Kilmiyah, M.Ag sebagai Ketua lama beserta jajaran pengurus, yang telah mendarma-baktikan selama periode kepengurusan yang lalu dan menjadikan FORKOM PTKIS KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta menjadi percontohan secara nasional.