HALAL BI HALAL VIRTUAL KELUARGA BESAR STAIYO

Wonosari (02/06) – Hari Rabu, 02 Juni 2021 Masehi / 22 Syawal 1442 Hijriyah pukul 19.30 WIB Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) menyelenggarakan Halal Bi Halal virtual melalui aplikasi zoom untuk keluarga besar STAIYO. Halal Bi Halal dihadiri Badan Pengelola Harian (BPH), Ketua dan Pimpinan, Senat, Dosen/Tenaga Pendidik, Karyawan/Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Alumni, serta stakeholder STAIYO yaitu Kopertais Wilayah III D.I.Yogyakarta, Pengurus PWNU D.I.Yogyakarta, Pengurus PCNU Kabupaten Gunungkidul dan masyarakat umum lainnya. Halal Bi Halal mengangkat tema “Sucikan Hati dan Tingkatkan Prestasi Menuju Kampus STAIYO yang Unggul dan Berbudaya.” Acara dipandu oleh Daluti Delimanugari, S.Pd.I., M.Pd.I yang menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) STAIYO. Acara ini menghadirkan Bapak KH. Arief Gunadi, S.Ag., M.Pd.I Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Gunungkidul yang sekaligus menjabat Kepala Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, untuk memberikan mau’idhoh hasanah atau hikmah Halal Bi Halal 1442 H.

Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd dalam sambutan sebagai Ketua STAIYO menyampaikan terima kasih kepada panitia dan tim manajemen STAIYO atas terselenggaranya kegiatan Halal Bi Halal ini. Diawal sambutan, Diyah langsung menyapa dan memberi penghormatan kepada yang hadir yaitu Dr. H. Khamim Zarkasi Putro, M.Si. dan Muhammad Ridwan dari KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta, Dr. H. Ahmad Bahiej, SH., M.Hum Perwakilan PWNU DIY sekaligus sebagai Ketua BPH STAIYO, Drs. KH. Bardan Usman, M.Pd.I Rois Syuriyah PCNU Gunungkidul, KH Arief Gunadi, S.Ag., M.Pd.I Ketua Tanfidziyah PCNU Gunungkidul, Penasehat dan pengurus BPH STAIYO Mayor Purn. H. Sunaryanto, Drs. H. Mardiyo, M.Si, KH. Haris Masduqi, KH. Khoiron Marzuqi, Dr. Sigit Purnama, M.Pd, dr. Muhammad Taufik Ismail, Sp.Jk (K), Prof. Sukirno, M.Si., Ph.D, H. Zudi Rahmanto, M.Ag, Taufik Ahmad Soleh, S.Ag., MA, Drs. H. Andar Prasetyo, MA. Sapaan juga diberikan kepada seluruh jajaran pimpinan STAIYO, Senat STAIYO, semua Dosen dan Karyawan serta para mahasiswa, alumni dan masyarakat yang bergabung dalam majelis zoomiyah acara Halal Bi Halal virtual ini.

Kemudian Diyah mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin, semoga yang hadir dalam majelis zoomiyah ini saling memaafkan kesalahan, dosa-dosa diampuni Allah SWT, semua kembali suci, ditingkatkan amal ibadahnya dan semoga Allah meridhoi langkah STAIYO dengan memberi anugerah kesuksesan demi kesuksesan. Kita patut bersyukur seusai liburan Hari Raya Idul Fitri, BAN-PT menerbitkan SK BAN-PT No. : 437/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2021 tertanggal 18 Mei 2021 yang menerangkan bahwa Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi STAIYO memperoleh “Akreditasi Baik.” Lebih lanjut sekarang STAIYO sedang mempersiapkan Assesmen Lapangan Akreditasi Prodi Ekonomi Syariah (ES) dan Akreditasi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI).

Hal penting yang harus disampaikan dalam kesempatan ini adalah STAIYO telah membuka Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk gelombang I mulai tanggal 01 Februari s.d 28 Juni 2021, dengan link pendaftaran https://forms.gle/gBPkkET8ZVEtzRh7 dan info PMB dapat diakses melalui  http://staiyogyakarta.ac.id/ atau hubungi Whatsapp No. 081804346419. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk tiga keilmuan yaitu Pendidikan (S.Pd), Hukum (SH) dan Ekonomi (SE). Adapun program studi yang membuka pendaftaran mahasiswa baru yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) / Ahwal Syakhsiyyah (AS) dan Prodi Ekonomi Syariah (ES). Menjadi mahasiswa STAIYO diberikan peluang berbagai program beasiswa, diampu dosen akademik yang profesional dan dosen praktisi yang ahli dibidangnya.

Dr. H. Ahmad Bahiej, SH., M.Hum sebagai Ketua Badan Pengelola Harian (BPH) STAIYO, menyampaikan bahwa Komite yang akan diangkat oleh PWNU D.I.Yogyakarta akan selalu mensupport pengelola STAIYO dalam memperbaiki manajemen, kelembagaan dan penataan asset. Memperbaiki manajemen dengan mensupport STAIYO agar melaksanakan arahan dari KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta, seperti : 1). peningkatan status dari Sekolah Tinggi menjadi Institut atau Universitas, 2). penguatan program studi yang telah ada, 3). mensupport lahirnya prodi-prodi baru, 4). peningkatan prestasi dosen sebagai tenaga pendidikan untuk memiliki jabatan fungsional, sertifikasi dan melahirkan karya-karya akademik, 5). serta memacu STAIYO menjadi kampus yang lebih baik dan unggul, khususnya di Gunungkidul dan kawasan pesisir selatan. Dalam bidang asset, baru saja mengurus Akta Ikrar Wakaf tanah dari wakif Drs. Mardiyo kepada Nadzir PWNU DIY untuk lahan kampus STAIYO.

Dr. H. Khamim Zarkasi Putro, M.Si. dari KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta, dalam sambutannya menyatakan bahwa seminggu yang lalu baru dari kampus STAIYO Wonosari dalam rangka mendampingi Kementerian Agama Pusat yang melakukan Monitoring dan Evaluasi PDDIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) STAIYO. Sebagai sekretaris KOPERTAIS, merasa bangga dengan prestasi dan kemajuan yang diraih oleh STAIYO selama ini. Dia mengajak semua pihak “mari kita sengkuyung bersama, STAIYO menjadi lebih baik dan maju.” Seperti melangkah meningkatkan status menjadi Institut atau Universitas, sehingga Ketua STAIYO menjadi Rektor. Membuka prodi-prodi baru dan mematangkan kualitas akreditasi menjadi akreditasi “A” atau “Unggul”, bahkan secepatnya mempersiapkan membuka jenjang program Magister S-2. Selanjutnya kami mengingatkan bahwa Halal Bi Halal Kopertais bersama 16 Kampus akan dilaksanakan minggu depan tanggal 8 Januari 2021 di Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

H. Arief Gunadi, S.Ag., M.Pd.I dalam mau’idhoh hasanah Halal Bi Halal menyampaikan barusan kita bersama-sama mengucapkan Ikrar Halal Bi Halal yang dipandu oleh Pembantu Ketua I Agus Suprianto, SH., SHI., MSI. Halal Bi Halal merupakan bentuk tirakat kita sebagai hamba Allah SWT, yang mana telah menjalankan ibadah Ramadhan selama satu bulan penuh. Manusia memiliki akumulasi sifat, terkadang bersifat seperti malaikat, seperti syaithan, seperti hewan, bahkan seperti hewan yang paling buruk. Jika mampu mengendalikan sifat yang buruk dan menjaga sifat yang baik, maka puasa menjadikan kita sebagai manusia yang bertaqwa (muttaqin) dan menempatkan pada maqam mahmudah. Maqam mahmudah menuntut seseorang untuk serius dalam berbagai dimensi kehidupan, seperti dalam pendidikan, tidak hanya sebagai pendidik yang sedang bekerja tetapi pendidik yang memiliki jiwa pengabdian dalam melakukan melakukan transfer knowledge. Selain itu, maqam mahmudah dapat ditunjukkan dalam dimensi sosial seperti dalam hal menunaikan zakat. Zakat memiliki hikmah membersihkan harta, membantu sesama manusia dan menjaga kesejahteraan/ketahanan ekonomi umat. Apabila seseorang mampu meraih predikat maqam mahmudah, Allah telah menjanjikan untuk dinaikkan derajatnya, dicatat amalnya, diganjar pahala dan memperoleh prasasti khusus dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana janji Allah bahwa puasa seorang mukmin, pahalanya langsung dari Allah SWT. Semoga kita semua yang hadir dalam majelis zoomiyah ini yaitu keluarga besar STAIYO, tergolong muttaqin / maqam mahmudah dan menjadi manusia yang makin baik, manusia yang bukan biasa-biasa saja.

Penutup kegiatan Halal Bi Halal diakhiri dengan pembacaan do’a oleh H. Zudi Rahmanto, S.Ag., M.Ag, yang menggantikan Drs. KH. Bardan Usman, M.Pd.I yang sedianya akan membaca do’a tetapi mendadak ada halangan karena kedatangan tamu santri-santri pondok Jejeran.