PENUTUPAN KKN 2021

Wonosari(04/04) – Seminggu menjelang Ramadhan 1442 H, SekolahTinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) mengakhiri kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diikuti 80 mahasiswa.

KKN yang telah berlangsung sejak 10 Maret 2021 dan berakhir 09 April 2021. Dengan kegiatan fisik di kampus yang berakhir Ahad 04 April 2021 dengan harapan mahasiswa dan stakeholder lainnya dapat mempersiapkan diri untuk fokus menyambut dan melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan.

Dalam acara penutupan, Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua STAIYO menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh peserta KKN yang telah mendedikasikan seluruh tenaga, pikiran, material dan immaterial dalam kegiatan KKN, karena KKN adalah bentuk dari Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada masyarakat. Berkat kegiatan mahasiswa selama KKN, kampus STAIYO yang selama pandemi tidak ada kegiatan perkuliahan menjadi indah, baik dan nyaman kembali. Kegiatan fisik yang dilakukan mahasiswa KKN diantaranya memperbaiki atap masjid, pengecatan dinding masjid, pengecatan dan memperindah gerbang masuk STAIYO, pembenahan papan nama STAIYO, pemotongan ranting-ranting tanaman, normalisasi kran air dan lampu kamar mandi, penataan ulang perpustakaan, perbaikan genting bocor, pembersihan aula, pengepelan lantai-lantai ruang-ruang dan lain sebagainya. Semuanya dilakukan demi keindahan, kerapian, kenyamanan kampus untuk proses belajar mengajar, lebih-lebih jika kedepan pemerintah telah membuka kembali kegiatan belajar mengajar di kampus secara normal.

Ditambahkan oleh Suharto, S.Ag., MM Pembantu Ketua BidangAdministrasi dan Tata Usaha, bahwa kegiatan KKN di kampus sekaligus menjadi keuntungan bagi STAIYO yang sedang mempersiapkan Akreditasi Perguruan Tinggi. Tuntutan peningkatkan mutu kualitas akreditasi adalah salah usaha untuk kemajuan kampus STAIYO.

Drs. Muh. Mansur, MSI sebagai DPL KKN menyampaikan bahwa semua yang dilakukan mahasiswa selama KKN akan selalu dikenang oleh adik-adik angkatan dan menjadi amal ibadah yang dibalas Allah SWT. Semoga ini menjadi kemajuan dan masa depan yang cerah bagi kampusSTAIYO tercinta, ternama dan tertinggi. Selain itu, juga disampaikan bahwa kikegiatan fisik telah berakhir, tetapi kegiatan non fisik yaitu pembuatan video penyuluhan, pengajaran di komunitas tertentu terkait masing-masing keilmuan program studi, agar dilanjutkan hingga memenuhi 4 (empat) kali video. Yang kemudian video diunggah di youtube, facebook dan group facebook seperti group ”STAIYO – Kampus Islam & Modern”, group ”warga NU Gunungkidul DIY”, atau group facebook lainnya dan/atau mengupload di Instagram. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah menanti dan rindu dengan materi penyuluhan atau pengajaran basis keislaman dari mahasiswa KKN STAIYO. Dengan total 320 video yang diproduksi mahasiswa KKN, pasti akan bermanfaat bagi masyarakat, karena dari 3 minggu yang telah berlangsung ini banyak like dan komen apreasiasi dari pengguna media sosial.

Dalam penutupan kegiatan KKN, Ketua STAIYO memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kelompok dan mahasiwa pembuat video yang berbakat. Penghargaan diberikan kepada :Pertama, 3 (tiga) kategori kelompok KKN Terkompak yaitu kelompok 1 dengan DPL : Drs. Edi Siswantoro, M.Pd, kelompok 4denganDPL : UlinNuha, S.Pd.I., M.Pd.I, dan kelompok 5 dengan DPL :AgusSuprianto, SH., SHI., MSI. Kedua, 3 (tiga) kategori kelompok KKN dengan hasil kerjaan paling Rapi yaitu Kelompok 3 dengan DPL : Drs. Muh. Mansur, MSI, Kelompok 2 dengan DPL : Drs. Khadirin, MSI dan kelompok 6 dengan DPL : MudanMudaris, SEI., MSI. Ketiga, 4 (empat) pembuat video Terkreatif yaitu Suranto(NIM : 17030103), Kris Dwi Marwati (NIM : 17014228), Irkham Kahfi (NIM : 17030093), dan Diah Ayu Kuswahyuningrum (NIM : 17020069). Keempat,  4 (empat) pembuat video Terfavorit atau paling unggul yaitu Sulasmi (NIM : 17030107), Edwin Surya Kusuma (NIM : 17014217), Sugimin (NIM : 17030109), dan Ina Noer Fatmawati (NIM : 17040047). Sementara semua DPL KKN masing-masing juga diberikan penghargaan sebagai DPL KKN Terbaik, DPL KKN paling kreatif, DPL KKN paling suportif, DPL KKN paling populis, DPL KKN paling inspiratif, DPL KKL paling imajinatif dan DPL KKN paling enerjik. Penghargaan diberikan atas bimbingan semua DPL dalam pendampingan dan memberikan arahan mahasiswa selama kegiatan