SURAT KLARIFIKASI TERBUKA

Sehubungan dengan pemberitaan “Kesalnya Alumni STAIYO, Ijazah Tak Kunjung Keluar Hingga Terancam Tak Bisa Daftar Lowongan PPPK” di media online “PIDJAR.com” tanggal 19 Februari 2021, dengan ini kami menyampaikan klarifikasi terbuka sebagai berikut :

Bahwa STAIYO sebagai lembaga pendidikan tinggi dibawah Nahdlatul Ulama (NU) adalah lembaga pendidikan resmi yang telah menyelenggarakan proses perkuliahan sejak tahun 1992 dengan nama STITY. Bahkan jauh sebelumnya yaitu tahun 1970, telah berjalan dengan nama Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) di Gunungkidul dan tahun 1985 berubah menjadi Universitas Islam Yogyakarta (UIY) di Gunungkidul.

Bahwa selama ini alumni lembaga kami dengan bekal ilmu dan ijazahnya, telah banyak diakui dan diterima sebagai pegawai negeri/pejabat di pemerintahan, lembaga pendidikan, profesi hukum, politik, tokoh agama dan profesi swasta lainnya di Gunungkidul khususnya, dan secara umum di D.I.Yogyakarta dan di seluruh tanah air Indonesia.

Bahwa selama melakukan wisuda sarjana dari tahun ke tahun, STAIYO selalu memberikan ijazah kepada alumni dengan ijazah jenis kertas khusus, penomoran khusus dan kode khusus yang standar dan menyesuaikan dengan regulasi yang ditetapkan Pemerintah c.q Kementerian Agama c.q. Dirjen Pendidikan Islam / Pendidikan Tinggi Islam c.q. KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta.

Bahwa sebagaimana diketahui bersama termasuk wisudawan, pada saat pelaksanaan wisuda bulan Desember 2020 Bp. Drs. H. Mardiyo, M.Si sebagai Ketua STAIYO berhalangan melakukan wisuda karena mendadak sakit seminggu sebelum pelaksanaan dan akhirnya diwakili oleh Ibu Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd selaku Pembantu Ketua I.

Sementara STAIYO harus tetap berjalan akhirnya dilakukan pergantian Ketua STAIYO oleh PWNU D.I.Yogyakarta, dengan mengangkat Ketua STAIYO yang baru yaitu Ibu Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd berdasarkan Surat Keputusan No. 539/AB/A.3-01/01/2021 dari PWNU D.I.Yogyakarta tentang Pengangkatan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta tertanggal 21 Januari 2021 dan dibantu Tiga Wakil Ketua berdasarkan Surat Keputusan No. 544/AB/A.3-01/01/2021 dari PWNU D.I.Yogyakarta tentang Pengangkatan Wakil Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta tertanggal 28 Januari 2021.

Bahwa sejak definitif Ketua STAIYO tanggal 21 Januari 2021 dan Tiga Wakil Ketua STAIYO tanggal 28 Januari 2021, pimpinan STAIYO langsung melakukan kerja-kerja transisional terutama mengurus Ijazah wisudawan/wati di KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta dan nanti tetap menggunakan tandatangan dari Bp. Drs. H. Mardiyo, M.Si sebagai Ketua STAIYO periode yang lalu. Selain itu pimpinan STAIYO yaitu melakukan pengisian formasi posisi pimpinan lembaga struktural dan pimpinan program studi di lingkungan STAIYO, melaksanakan proses perkuliahan, PKL/PPL mahasiswa, pelayanan Skripsi, penyiapan perpanjangan akreditasi dan kegiatan admnistrasi kampus lainnya.

Bahwa selain agenda transisional tersebut, Insya Allah STAIYO dalam waktu dekat akan melaksanakan Pelantikan Ketua dan semua pimpinan serta melaksanakan Rapat Kerja kelembagaan STAIYO. Bahwa berdasarkan hal tersebut, dengan ini kami akan melakukan dan menyampaikan :

a. Memprioritaskan pengurusan Ijazah bagi wisudawan/wati bulan Desember 2020.

b. Memberikan Surat Keterangan Lulus (SKL) sementara bagi wisudawan/wati
bulan Desember 2020 sebelum keluar Ijazah.

c. Mohon do’a untuk kesembuhan Bp. Drs. H. Mardiyo, M.Si

d. Mohon do’a agar pimpinan STAIYO yang baru mampu mengemban amanah
dalam mengelola kampus menjadi lebih maju dan lebih baik, sehingga
STAIYO menjadi kampus Islam tertinggi dan Ternama di Gunungkidul.

e. Mohon maaf dan pengertian kepada alumni yang bernama Nur
(warga Kapanewon Wonosari) dan kepada seluruh alumni yang diwisuda
pada bulan Desember 2020 yang hingga sekarang belum menerima ijazah.

f. Mendoakan untuk alumni STAIYO baik yang wisuda Desember 2020 maupun
sebelumnya, semoga ilmunya barokah dan diberikan kemudahan oleh Allah SWT
untuk mendapatkan pekerjaan dan karier yang terbaik dan diantara alumni
bisa saling bersinergis.

Demikian surat klarifikasi terbuka ini disampaikan, atas perhatian publik disampaikan terima kasih.

Wonosari, 20 Februari 2021
Ketua STAIYO Wonosari

DIYAH MINTASIH, S.Pd.I., M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *